Selasa 28 Nov 2023 20:50 WIB

Menghadapkan Orang Sakaratul Maut atau Mayat ke Kiblat, Apa Hukumnya?

Sakaratul maut akan dihadapi setiap umat manusia

Rep: Imas Damayanti  / Red: Nashih Nashrullah
ilustrasi sakaratul maut. Sakaratul maut akan dihadapi setiap umat manusia.
Foto:

Ayat Alquran

Sakaratul maut adalah proses terlepasnya ruh dari jasad menuju kematian seseorang. Kondisi ini akan dihadapi setiap umat manusia di muka bumi. 

Fakta tentang terjadinya sakaratul maut ini diabadikan dalam beberapa firman Allah SWT, di antaranya adalah sebagai berikut: 

Baca juga: Tujuh Kerugian Ekonomi Zionis Israel Akibat Agresinya di Jalur Gaza

Pertama, proses sakaratul maut

كَلَّا إِذَا بَلَغَتِ التَّرَاقِيَ وَقِيلَ مَنْ ۜ رَاقٍ.وَظَنَّ أَنَّهُ الْفِرَاقُ.وَالْتَفَّتِ السَّاقُ بِالسَّاقِ.إِلَىٰ رَبِّكَ يَوْمَئِذٍ  الْمَسَاقُ

“Sekali-kali tidak! Apabila (nyawa) telah sampai di kerongkongan, dan dikatakan (kepadanya), “Siapa yang (dapat) menyembuhkan?” Dia pun yakin bahwa itulah waktu perpisahan (dengan dunia), dan bertautlah betis (kiri) dengan betis (kanan). Kepada Tuhanmulah pada hari itu (manusia) digiring."”(QS al-Qiyamah 26-30). 

Kedua, orang munafik yang sedang sakaratul maut

 سَلَقُوكُمْ بِأَلْسِنَةٍ حِدَادٍ أَشِحَّةً عَلَى الْخَيْرِ ۚ أُولَٰئِكَ لَمْ يُؤْمِنُوا فَأَحْبَطَ اللَّهُ أَعْمَالَهُمْ ۚ وَكَانَ ذَٰلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرًا

“Mereka (kaum munafik) kikir terhadapmu. Apabila datang ketakutan (bahaya), kamu melihat mereka memandang kepadamu dengan bola mata yang berputar-putar seperti orang yang pingsan karena akan mati. Apabila ketakutan telah hilang, mereka mencacimu dengan lidah yang tajam, sementara mereka kikir untudddddddk berbuat kebaikan. Mereka itu tidak beriman, maka Allah menghapus amalnya. Hal yang demikian itu sangat mudah bagi Allah.” (QS al-Ahzab ayat 19)

Ketiga, ketika orang kafir mendapat sakaratul maut 

وَجَاءَتْ سَكْرَةُ الْمَوْتِ بِالْحَقِّ ۖ ذَٰلِكَ مَا كُنْتَ مِنْهُ تَحِيدُ 

“Dan datanglah sakaratul maut dengan sebenar-benarnya. Itulah yang kalian hendak hindari." (QS Qaf ayat 19)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement