Selasa 21 Nov 2023 23:40 WIB

Ceramah KH Anang Rikza tentang Inti Dzikir

KH Anang Rikza menjelaskan dzikir merupakan kebiasaan orang beriman.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
KH Dr Anang Rikza Masyhadi
Foto:

Nanti ucapan yang kamu keluarkan bukan ucapan biasa tapi jadi ucapan pantulan dari cahaya Allah. Kamu nulis di media sosial, nulis di buku, nanti tulisannya bagus, idenya bagus, usulnya bagus, karena usul, ide, gagasan dan pikiran itu lahir dari sesuatu yang telah disinari Allah SWT.

Zikir ini bisa dilakukan sambil setelah adzan sampai komat, saat khutbah Jumat caranya telinga mendengarkan khutbah, hatinya sambil zikir. Nanti dampaknya wajah kamu bercahaya. 

Agar wajah bercahaya, wudhu yang benar karena bekas wudhu berdampak pada cahaya kamu. Ketika orang lain melihat kamu bercahaya maka mereka akan senang, ada orang kulit hitam tapi bercahaya, ada juga orang kulitnya putih tapi tidak bercahaya.

Cahaya pada wajah seseorang memang tidak bisa dilihat mata, hanya bisa dirasakan. Misalnya ada orang yang teduh, ada yang pikirannya bagus, karena dasarnya cahaya Allah. 

 

Jangan sampai kita lupa zikir karena sibuk main-main. Jangan sampai kita dibuat lupa oleh Allah untuk berzikir karena disibukan oleh kesibukan-kesibukan lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement