Senin 06 Nov 2023 00:25 WIB

Tiga Tanamaan Herbal Kegemaran Nabi Muhammad yang Terbukti Berkhasiat

Tanaman herbal secara historis digunakan sebagai penyembuh segala penyakit.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi jintan hitam.
Foto: Needpix
Ilustrasi jintan hitam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak tanaman herbal yang secara historis telah digunakan sebagai penyembuh segala penyakit atau herbal tonik yang dipercaya karena kemanjurannya. Di antara tanaman herbal tersebut, ada jintan hitam atau dikenal juga Habbatussauda, fenugreek (kelabat), dan lidah buaya yang ternyata juga menjadi tumbuh-tumbuhan yang disukai Nabi Muhammad saw.

Khasiat Jintan Hitam

Imam Bukhari meriwayatkan, bahwa Nabi SAW menganjurkan kita menggunakan habbatussauda secara rutin karena di dalamnya terdapat obat untuk segala penyakit kecuali kematian. (Shahih Bukhara 7/591)

Baca Juga

Majalah Food Chemistry menemukan Nigella sativa atau dikenal dengan jintan hitam ini sangat kaya akan protein, karbohidrat, asam lemak esensial, vitamin A, B1, B2, C, dan niasin serta kalsium, potasium dan zat besi. Ini adalah nutrisi yang menurut ilmu pengetahuan modern paling kita kekurangan.

“Kita dianjurkan minum susu untuk mendapatkan kalsium, mengonsumsi suplemen Asam Lemak Esensial (EFA), dan mengonsumsi pil niasin untuk menurunkan kolesterol. Namun, jintan hitam mampu memberikan banyak manfaat yang sama,” kata Karima Burns, seorang dokter di Naturopati di AS, dilansir dari About Islam.

 

Jintan hitam juga menyediakan banyak nutrisi yang sama, yang direkomendasikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA). Jintan hitam membantu mencegah penyakit dan memperlambat proses penuaan.

Penulis Planetary Herbology Michael Tierra juga mengemukakan habbatussauda kaya nutrisi. Selain itu, ia menemukan sejumlah besar sterol, terutama beta-sitosterol yang memiliki sifat anti-karsinogenik. Journal of American Scientist melaporkan jintan hitam memiliki sejumlah khasiat yang bermanfaat seperti antihistamin, antioksidan, antibiotik, antimikotik, dan efek melebarkan bronkus.

Temuan ini mungkin menjelaskan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement