Senin 06 Nov 2023 00:25 WIB

Tiga Tanamaan Herbal Kegemaran Nabi Muhammad yang Terbukti Berkhasiat

Tanaman herbal secara historis digunakan sebagai penyembuh segala penyakit.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi jintan hitam.
Foto:

Biji trigonelin memiliki efek hipoglikemik pada tikus. Ini juga berguna bagi siapa saja yang menderita hipoglikemia, diabetes, dan kelelahan.

Fenugreek juga mengandung saponin dan sapogenin. Keduanya merupakan bahan penting untuk sintesis hormon steroid dan obat lain. Hal ini memberikan potensi yang sama dengan ubi liar yang merupakan terapi pengganti estrogen alami.

Untuk alasan yang sama, praktisi menggunakan fenugreek untuk banyak keluhan wanita. Ini baik untuk menghentikan menstruasi yang menyakitkan dan meningkatkan laktasi pada ibu baru.

Fenugreek juga tinggi mineral dan protein. Itu sebabnya biji basahnya merupakan kondisioner kulit yang berharga. Protein dalam fenugreek juga tinggi lisin, triptofan, lemak, fosfor dan zat besi.

Oleh karena itu, fenugreek sering digunakan untuk melawan anemia. Bijinya juga memiliki kemampuan unik untuk menampung cairan sehingga teh fenugreek sering diminum sebagai obat sembelit, retensi urine, dan candida albicanas.

Khasiat Lidah Buaya

Lidah buaya adalah ramuan lain yang sangat berguna dan favorit Nabi SAW. Qays bin Rafi al-Qatsi meriwayatkan Rasulullah bersabda, “Gaharu dan selada air adalah obat yang ampuh untuk penyakit. ” Al-Albani- Hadits yang lemah.

Faktanya, beberapa orang Amerika Selatan masih menggunakan lidah buaya sebagai obat serbaguna. Di beberapa rumah, ini adalah satu-satunya ramuan untuk semua penyakit.

Salah satu keunikannya adalah...

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement