Ahad 05 Nov 2023 17:25 WIB

8 Alasan Mengapa Umat Muslim Membela Palestina

Al Quds Palestina adalah amanah Nabi Muhammad SAW.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Seorang pengunjuk rasa berpose dengan bendera Palestina di air mancur Neptunus saat aksi solidaritas Palestina, di Berlin, Jerman,  Ahad (5/11/2023).
Foto: EPA-EFE/Clemens Bilan
Seorang pengunjuk rasa berpose dengan bendera Palestina di air mancur Neptunus saat aksi solidaritas Palestina, di Berlin, Jerman, Ahad (5/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang Muslim hendaknya betul-betul memahami mengapa dirinya membela Palestina. Ada beberapa hal yang menjadi landasan bagi jutaan umat Muslim di dunia untuk kemudian membela Palestina sekaligus memperjuangkan kemerdekaannya.

Pertama, karena Allah SWT telah memilihnya dan memuliakannya serta menganugerahkannya kedudukan yang tinggi. Dikutip di Saaid, di Palestina terdapat Masjid Al Aqsa yang merupakan bentuk kehormatan dan keagungan. Bentuknya bagi umat Islam adalah perjalanan Isra Miraj yang dilakukan Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga

Allah SWT berfirman, "Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS. Al Isra ayat 1).

BACA JUGA: Doa Qunut Nazilah untuk Warga Palestina yang Berada dalam Peperangan

 

Kedua, Al Quds di Palestina adalah tempat penyambung keimanan. Siapa pun tidak akan menemukan kota seperti Al Quds Palestina, yang lekat dengan wahyu, risalah tauhid, dan seruan para nabi di awal, tengah, dan akhir zaman. Mulai dari Nabi Adam AS hingga hari kiamat kelak.

Palestina adalah negeri para Nabi. Tidak ada nabi yang tidak dilahirkan di sana atau tinggal di dalamnya, atau melewatinya, atau berpindah dan pergi ke sana, atau beribadah kepada Allah dan berdakwah di sana, atau meninggal atau dimakamkan di dalamnya.

Ketiga, begitu banyak ayat...

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement