Senin 06 Nov 2023 00:25 WIB

Tiga Tanamaan Herbal Kegemaran Nabi Muhammad yang Terbukti Berkhasiat

Tanaman herbal secara historis digunakan sebagai penyembuh segala penyakit.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi jintan hitam.
Foto:

Temuan ini mungkin menjelaskan sejarah panjangnya sebagai tonik paru-paru. Manusia telah menggunakan Habbatussauda selama hampir 3.000 tahun. Karena Habbatussauda atau jintan hitam mampu membersihkan penyumbatan dan dahak di paru-paru, menyembuhkan asma, serta bisa juga untuk menghentikan pilek karena masuk angin.

Kegunaan jintan hitam yang terkenal lainnya adalah untuk masalah pencernaan. Meredakan sakit perut, meredakan nyeri kolik, dan menyembuhkan cacingan. Juga menghilangkan kembung pada usus akibat makan roti gandum. Hangatnya jintan hitam juga meningkatkan aliran seluruh cairan dalam tubuh.

Salep jintan hitam juga berguna untuk semua jenis penyakit yang diindikasikan untuk penggunaan topikal termasuk kutil, alergi kulit, gigitan serangga, kebotakan dan rambut beruban. Faktanya, habbatus sauda’ telah diklasifikasikan oleh banyak ilmuwan modern sebagai ramuan tonik atau menyembuhkan segala penyakit.

Seorang ahli imunologi Jerman Peter Schleicher, telah menemukan bahwa jintan hitam mengandung asam lemak tak jenuh, Linoleat dan Gammalinolen. Faktanya, Linoleat menstabilkan membran sel. Selain itu, Prostaglandin dalam jintan hitam memiliki efek menghambat peradangan. Kombinasi ini menghentikan reaksi kekebalan dan timbulnya banyak penyakit kronis seperti eksim, asma, dan bahkan kanker.

Fenugreek

Biji fenugreek telah ditemukan melalui uji laboratorium mengandung sejumlah nutrisi yang sangat tinggi, terutama minyak tetap, yang sebanding dengan minyak hati ikan kod yang bermanfaat dan minyak terapeutik lainnya yang mengandung vitamin A dan kolin dalam jumlah tinggi.

Oleh karena itu, fenugreek sering digunakan untuk menurunkan kolesterol darah dan memberi kekuatan pada sistem tubuh. Bahan-bahan yang sama ini teroksidasi untuk menghasilkan bau khas yang didapat saat meminum teh fenugreek.

Biji trigonelin memiliki efek...

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement