Sabtu 24 Jun 2023 15:49 WIB

Alasan Islam Melarang Zina Bukan Hanya untuk Menjaga Keturunan

Orang yang berzina berarti telah merendahkan dirinya lebih dari binatang.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Alasan Islam Melarang Zina Bukan Hanya untuk Menjaga Keturunan
Foto:

Kelima, mengapa Islam melarang zina juga karena untuk menjaga dan melindungi harkat dan martabat perempuan. Ketika zina merajalela dan dibiarkan, maka akan mengarah pada kehinaan terhadap perempuan dan menjadikan mereka komoditas bagi siapapun yang menginginkannya.

Keenam, larangan zina juga untuk mengurangi penyebaran kejahatan. Perzinaan mengarah pada penyebaran kejahatan dan pembunuhan, sehingga banyak berita beredar bahwa seorang pria membunuh istri dan selingkuhannya, serta semacamnya.

Ketujuh, zina dilarang karena agar tidak ada anak terlantar. Karena umumnya anak yang dilahirkan pasangan zina akan menyebabkan penolakan dari kalangan masyarakat.

Allah SWT berfirman, "Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk." (QS Al Isra ayat 32)

Apalagi jika zina itu dilakukan dengan inses. Ini adalah zina terburuk dan terkeji. Guru Besar Fiqih dan Ushul Fiqih di Universitas Al-Quds Palestina, Hussam Affaneh menjelaskan, perzinahan inses adalah perzinahan yang paling cabul dan paling buruk karena melanggar larangan Allah SWT.

 

Syekh Ibnu Hajar Al Makki AL Haytami mengatakan, "Zina yang paling buruk adalah yang berhubungan dengan semua inses."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement