Sabtu 24 Jun 2023 15:49 WIB

Alasan Islam Melarang Zina Bukan Hanya untuk Menjaga Keturunan

Orang yang berzina berarti telah merendahkan dirinya lebih dari binatang.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Alasan Islam Melarang Zina Bukan Hanya untuk Menjaga Keturunan
Foto: Republika/Mardiah
Alasan Islam Melarang Zina Bukan Hanya untuk Menjaga Keturunan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Zina, apalagi zina dengan inses, termasuk dosa besar dalam Islam. Namun sejumlah orang berdalih bahwa apa yang dilakukannya adalah bentuk kebebasan individu dan mereka menganggap larangan zina dalam Islam hanya untuk menjaga garis keturunan.

Padahal ada beberapa faktor mengapa zina ini diharamkan dalam Islam jika dikupas secara mendalam. Berikut ini faktor mengapa zina dilarang dalam Islam, sebagaimana dilansir Elbalad.

Baca Juga

Pertama, Islam menjaga garis keturunan melalui pernikahan yang sah menurut syariat. Anak yang lahir dari hubungan perzinahan tidak bisa mendapatkan nasab atau garis keturunan dari ayah kandungnya atau ayah biologisnya.

Kedua, Islam menjaga sistem keluarga dan kehidupan keluarga. Islam juga menjaga rumah tangga muslim dari kehancuran dan kehilangan, perpecahan keluarga, dan kehilangan anak ketika suami atau istri melakukan perbuatan keji zina ini. Adapun zina akan menjadikan keluarga hancur.

Ketiga, larangan zina di antaranya untuk mencegah beberapa penyakit. Banyak penyakit yang berhubungan dengan zina telah muncul di masyarakat. Misalnya sifilis, gonore, dan AIDS. Ini adalah penyakit serius yang menyebabkan kematian banyak orang setiap tahunnya.

Keempat, larangan zina sesuai dengan fitrah manusia yang diciptakan oleh Allah SWT. Islam menjaga harkat dan martabat. Adapun orang yang melakukan perbuatan zina berarti telah merendahkan dirinya lebih dari binatang.

 

 

Kelima, mengapa Islam melarang zina juga karena...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement