Kamis 15 Jun 2023 14:10 WIB

Memilih Teman dan Panutan Haruslah Karena Allah SWT

Islam mengajarkan adab dalam berteman.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Memilih Teman dan Panutan Haruslah Karena Allah SWT. Foto: Ilustrasi Salam-Salaman
Foto:

Sesungguhnya dua orang yang bersaudara dan berteman karena Allah, jika salah satu dari mereka berdua memiliki kedudukan yang lebih tinggi di akhirat, maka Allah akan mengangkat yang lain bersamanya hingga mencapai kedudukan seperti yang lain. Allah akan mempertemukan mereka sebagaimana anak cucu bertemu dengan kedua orangtuanya. Hal ini karena, jika persaudaraan dijalankan karena Allah maka ia melebihi hubungan kerabat. Allah berfirman;

مِّنْ عَمَلِهِم مِّن أَلْحَقْنَا بِهِمْ ذُرِّيَّهُمْ وَمَا أَلَتْنَهُم .

"Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tidak mengurangi sedikitpun dari pahala amal perbuatan mereka." (QS.al-Thur: 21)

Nabi bersabda; Sesungguhnya Allahnberfirman (dalam hadits Qudsi):

"Cinta kasih-Ku ditetapkan pada orang-orang yang saling bersilaturahim karena-Ku, cinta kasih-Ku juga ditentukan untuk orang-orang yang saling kasih sayang karena-Ku, cinta kasih-Ku ditetapkan pada orang-orang yang saling mencurahkan kekuatannya karena-Ku, dan cinta kasih-Ku diberikan kepada orang-orang yang saling menolong karena-Ku."

Dan Nabi bersabda;

"Sesungguhnya, besok di hari kiamat Allah berkata; Dimana orang-orang yang saling cinta karena keagungan-Ku? Pada hari ini Aku menaunginya di dalam naungan-Ku, (hari ini) adalah hari dimana tiada naungan kecuali hanya naungan-ku."

Nabi bersabda, orang yang hatinya selalu bergantung pada masjid ketika ia keluar dari masjid hingga ia datang kembali, dua orang yang saling menyayangi karena

"Terdapat tujuh golongan yang akan dinaungi Allah dengan naungan-Nya pada hari yang tiada naungan kecuali hanya naungan-Nya, (tujuh golongan tersebut) adalah; imam yang adil, pemuda yang tumbuh dalam keadaan beribadah kepada Allah, Allah, mereka berdua berkumpul karena Allah dan memiliki kedudukan dan kecantikan, namun ia berpisah juga karena Allah, orang yang ingat Allah di waktu sunyi lalu kedua matanya meneteskan air mata, seorang lelaki yang diajak oleh wanita yang menjawab; Sesungguhnya aku takut kepada Allah, dan seorang yang bersedekah lalu ia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang diberikan tangan kanannya."

Nabi bersabda;

"Sesungguhnya seorang lelaki mengunjungi saudaranya karena Allah, maka Allah akan menyediakan seorang malaikat untuknya. Lalu malaikat itu berkata; Kemana kamu ingin pergi? la berkata; Saya ingin mengunjungi saudaraku yang bernama Fulan, lalu malaikat itu bertanya; Untuk hajatmu yang ada padanya? la menjawab; tidak, malaikat bertanya lagi; Karena hubungan kerabat antara dirimu dan ia? la menjawab; tidak, lalu malaikat itu bertanya lagi; Untuk mengantar kenikmatan miliknya yang masih ada padamu? la menjawab; tidak, lalu malaikat bertanya; Lalu untuk apa kamu mengunjunginya? la menjawab; Saya menyayanginya karena Allah. Lalu malaikat itu berkata; Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'ala telah mengutusku untuk menyampaikan kabar kepadamu bahwa Allah benar-benar telah mencintai kamu karena rasa cintamu kepadanya, dan Allah telah menetapkan surga untukmu."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement