Rabu 14 Jun 2023 12:18 WIB

Shalawatin Aja Dulu, Benarkah Bisa Dapat Barang Mewah yang Diinginkan?

Banyak yang meyakini shalawat menjadi salah satu sebab dikabulkannya hajat.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Shalawatin Aja Dulu, Benarkah Bisa Dapat Barang Mewah yang Diinginkan?
Foto:

Nah, tata krama berdoa diawali dengan bacaan shalawat karena Nabi Muhammad SAW adalah orang yang dicintai oleh Allah SWT, kemudian baca hamdalah, tahmid, Asmaul Husna dan kita berdoa untuk mendekatkan diri kepada Allah dan baru doa minta kepada Allah,” kata Kiai Cholil.

Lalu apakah benar dengan membaca shalawat kita bisa mendapatkan barang-barang mewah itu?

Shalawat memang memiliki banyak keutamaan. Di antaranya, hajat bisa terkabulkan. Semakin banyak bershalawat, maka akan semakin banyak dan berlimpah pula rahmat Allah yang dianugerahkan kepada kita.

Kiai Cholil menambahkan shalawat merupakan salah satu perintah Allah kepada makhluknya. Anjuran membaca shalawat pertama sekali dapat ditemukan pada Surat Al Ahzab ayat 56:

 إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya, “Sungguh Allah dan malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Dalam ayat ini, orang yang beriman diperintahkan bershalawat kepada Nabi Muhammad. Namun, sebelumnya, Allah dan malaikat juga disebutkan bershalawat untuk Nabi SAW. 

“Itu artinya kalau kita kepada Allah ya berdoa, bershalawat itu. Sedangkan kalau Allah kepada kita ya Allah memberikan rahmat-Nya,” kata Kiai Cholil.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement