Kamis 27 Oct 2022 14:14 WIB

Mohammad Fachrur Rozi, Ketua Pemuda Muhammadiyah di Masa Bergolak

Mohammad Fachrur Rozi adalah tipikal pemuda yang memiliki mobilitas tinggi.

Mohammad Fachrur Rozi adalah ketua Pemuda Muhammadiyah (Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah) periode 1959-1963 dan 1963-1966. Mohammad Fachrur Rozi, Ketua Pemuda Muhammadiyah di Masa Bergolak
Foto:

Menjadi Ketua Pemuda Muhammadiyah

Fachrur Rozi setelah Kembali ke Yogyakarta mulai aktif di Pemuda Muhammadiyah. Pada masa kepemimpinan Ahmad Azhar Basyir di tahun 1954, M. Fachrur Rozi diberi Amanah menjadi anggota seksi hubungan luar negeri.

Untung Cahyono dalam tesisnya AMM dalam Dinamika Muhammadiyah 1918-1967 menjelaskan, di tengah perjalanan kepemimpinannya, Ahmad Azhar Basyir mengundurkan diri, karena studi lanjut di Iraq selama 2 tahun. Selanjutnya tampuk ketua dipegang oleh Baried Ishom sampai tahun 1959. Pada masa kepemimpinan Baried Ishom, beliau diberi Amanah menjadi wakil ketua.

Di Muktamar Pemuda Muhammadiyah ke 2 tahun 1959 yang dilaksanakan di Museum Sonobudoyo Yogyakarta, M. Fachrur Rozi terpilih sebagai Ketua Pemuda Muhammadiyah dan Sekretaris diamanahkan kepada Djaldan Badawi.

M. Fachrur Rozi dan Djaldan Badawi adalah sosok yang saling mengisi. M Fachrur Rozi memiliki mobilitas yang tinggi dalam mengembangkan Majelis Pemuda Daerah ( PWPM dan PDPM) di seluruh Indonesia. Sedangkan Djaldan Badawi memiliki kepekaan pada urusan keorganisasian, kesekretariatan dan sistem perkaderan di Pemuda Muhammadiyah.

Mobilitas beliau dalam mengembangan Pemuda Muhammadiyah diakui oleh para anggota lainnya. Atas kesuksesannya itu, di Muktamar Pemuda Muhamadiyah ke 3 di Garut pada 24-28 Juli 1963, segenap anggota Pemuda Muhammadiyah memilih Kembali M. Fachrur Rozi sebagai ketua dan M. Djazman sebagai sekretaris Pemuda Muhammadiyah periode 1963-1966.

Duet M. Fachrur Rozi dan M. Djazman pada perode 1963-1966 ini menggarap 4 Program pokok Pemuda Muhamadiyah. Pertama, pendirian Majelis Pemuda Daerah (PWPM dan PDPM), Kedua, sosialisasi Anggaran Dasar Pemuda Muhammadiyah yang disahkan pada tahun 1954, Ketiga, Sistematisasi perkaderan Pemuda Muhammadiyah dan Keempat Dakwah di kalangan Pemuda Islam. Di masa M. Fachrur Rozi dan M. Djazman, ada penamaan jenjang perkaderan Pemuda Muhammadiyah seperti Melati Tunas, Melati Muda dan Melati Dewasa. Juga pengembangan perkaderan seperti Pelatihan Kader Tarjih dll

 

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2022/10/21/m-fachrur-rozi-pemuda-muhammadiyah/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement