Sabtu 25 Jun 2022 20:30 WIB

Batas Percaya Diri dan Sombong, Bagaimana Membedakannya?

Rasa syukur dan kerendahan hati adalah kualitas sejati dari individu.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Batas Percaya Diri dan Sombong, Bagaimana Membedakannya?
Foto:

Dalam Islam, kesombongan adalah kualitas Iblis. Dia adalah orang pertama yang menunjukkan kesombongan terhadap Allah ketika Allah memerintahkannya sujud kepada Adam. Iblis menolak dan menyatakan, dalam surat Sad ayat 76,

قَالَ أَنَا خَيْرٌ مِنْهُ ۖ خَلَقْتَنِي مِنْ نَارٍ وَخَلَقْتَهُ مِنْ طِينٍ

(Iblis) berkata, “Aku lebih baik darinya, karena Engkau menciptakanku dari api, sedangkan Engkau menciptakannya dari tanah.”

Oleh karena itu, tindakan atau niat apa pun yang meniru iblis tentu tidak diinginkan. Segala sesuatu dalam hidup ini, ketenaran, kekayaan, kesehatan, dan popularitas tidaklah bertahan lama. Namun, jika seorang mukmin bermaksud semua tindakan adalah untuk menyenangkan Allah dan dengan nama Allah, maka pahalanya tidak terbatas.

Seorang Muslim akan diberkati untuk itu di dunia dan akhirat. Oleh karena itu, kita tidak perlu mengatakan kita melakukan suatu tindakan demi Allah.

Selama kita melakukan suatu tindakan dengan niat baik, Allah akan membalas kita dengan berlipat ganda. Selain itu, pujian dapat dilakukan dengan dua cara.

Dalam Al Furqan ayat 63,

وَعِبَادُ الرَّحْمَٰنِ الَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى الْأَرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ الْجَاهِلُونَ قَالُوا سَلَامًا

Hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan, “Salam.”

Oleh karena itu, manfaatkan pujian dan tingkatkan keterampilan, tetapi jangan biarkan pujian itu membuat sombong. Sebaliknya, biarkan pujian itu membuat kita bersyukur.

 

sumber : https://aboutislam.net/counseling/ask-the-counselor/self-issues-ask-about-counselor/where-shall-we-draw-the-line-between-confidence-and-arrogance/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement