Rabu 18 May 2022 17:17 WIB

Bukan Kemiskinan yang Ditakutkan Rasulullah

Rasulullah SAW telah menyampaikan tentang sesuatu yang menjadi ketakutannya.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Rasulullah
Foto:

Karena itu pula, dalam penjelasan Syekh Utsaimin atas hadits tersebut, kemiskinan bisa menjadi kebaikan bagi seseorang. Ini didasarkan pada firman Allah SWT dalam hadits qudsi, "Sesungguhnya ada di antara hamba-Ku, yang jika Aku menjadikannya kaya, niscaya kekayaan itu akan merusaknya. Dan ada di antara hamba-Ku, yang jika Aku menjadikannya miskin, niscaya kemiskinan itu akan merusaknya."

Dalam hadits itu, Rasulullah SAW bersabda bahwa bukan kemiskinan yang ditakuti beliau. Syekh Utsaimin mengemukakan, ini berarti Nabi SAW tidak takut ketika kemiskinan ditimpakan kepada umatnya. Sebab, sering kali orang miskin lebih dekat pada kebenaran dibandingkan orang kaya.

"Lihatlah para rasul, siapa yang mengingkari mereka? Orang-orang kaya, fasik, dan orang-orang terkemuka yang mengingkarinya. Dan orang-orang miskinlah yang paling banyak menjadi pengikutnya. Bahkan, pengikut Nabi Muhammad SAW lebih banyak orang miskin," papar Syekh Utsaimin.

 

"Jadi bukanlah kemiskinan yang ditakuti Rasulullah SAW. Tetapi justru yang ditakuti adalah ketika dunia dipermudah bagi umatnya," demikian penjelasan Syekh Utsaimin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement