Sabtu 16 Apr 2022 12:58 WIB

Seniman Kaligrafi Dedikasikan Diri Saat Ramadhan

Kaligrafi adalah bentuk seni penting dalam dunia Islam.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Pengunjung memerhatikan karya seni kaligrafi pada pameran seni rupa. Seniman Kaligrafi Dedikasikan Diri Saat Ramadhan
Foto:

"Alfabet Alif dan kata Allah begitu tak terbatas sehingga saya tidak berpikir pekerjaan seumur hidup saya akan cukup untuk menafsirkannya atau bahkan mengikis permukaannya," katanya.

Sementara, gaya kaligrafi Anees adalah gaya bebas. Dia menginformasikan ada hampir 500 font kaligrafi Arab termasuk font A Thuluth, salah satu font yang paling menarik dan sulit untuk disempurnakan dalam hal menggambar dan implementasi. Lainnya termasuk Farsi, Kufi, Diwani, Ruq'a', Alnaskh, dan banyak lagi.

Anees berencana membuat minimal 10 karya seni selama bulan ini. Menurutnya, masing-masing karya akan membantunya terhubung dengan Allah. Kebanyakan orang mengkhususkan diri dalam maksimal dua sampai tiga gaya. Rahman mengkhususkan diri dalam Kufic dan Sunbuli Khaat.

“Medianya bagi saya kebanyakan tinta atau cat air di atas kertas, akrilik atau minyak di atas kanvas," ujarnya.

Apa Itu Kaligrafi?

Kaligrafi Islam dan atau Arab berkembang dari dua gaya utama, yakni Kufi dan Naskh. Ada beberapa variasi masing-masing, serta gaya khusus regional. Kaligrafi Arab atau Persia juga telah dimasukkan ke dalam seni modern, dimulai dengan periode pasca-kolonial di Timur Tengah, serta gaya kaligrafi yang lebih baru yaitu bentuk seni yang menggabungkan kaligrafi, tipografi, dan grafiti.

Bidang seni Islam mencakup berbagai seni visual yang dihasilkan dari abad ketujuh dan seterusnya oleh Muslim dan non-Muslim, yang tinggal di dalam wilayah yang dihuni oleh atau diperintah oleh populasi budaya Islam. Tidak terbatas pada seni religi, melainkan meluas ke berbagai bidang termasuk arsitektur, kaligrafi, lukisan, kaca, keramik, tekstil, dan lain-lain.

https://www.khaleejtimes.com/arts-and-culture/ramadan-in-uae-calligraphy-offers-baraka-sacred-blessings-to-the-recipient?_refresh=true

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement