Selasa 29 Mar 2022 05:55 WIB

Kurma Si Raja Oasis, Salah Satu Tanaman yang Disebut dalam Alquran

Kurma disebutkan lebih banyak dalam Alquran dibandingkan tanaman lain.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Seorang petani Palestina memanen kurma di ladang kurma di Kota Jericho, Tepi Barat, 01 September 2020. Kurma telah menjadi makanan yang stabil di Timur Tengah selama ribuan tahun. Para petani sekarang mulai menanam lebih banyak pohon kurma di Yerikho untuk meningkatkan produksi mereka lagi menyusul penurunan di tahun-tahun sebelumnya. Kurma Si Raja Oasis, Salah Satu Tanaman yang Disebut dalam Alquran
Foto:

Berkah dari Allah

Dilansir di About Islam, tumbuhan dianggap sebagai salah satu nikmat Allah yang tak terhitung banyaknya. Seperti yang terbaca dalam Surah Ar-Rahman:

“Maka nikmat Tuhanmu yang mana yang akan kamu dustakan?” (Surat Ar-Rahman 55: 13).

Jika manusia mencoba menghitung nikmat Allah ini, kerajaan tumbuhan, ia tidak akan mampu memahami kebesaran Sang Pencipta. Kita akan memanfaatkan karya Iqtidar Faruqi untuk membahas pohon kurma yang disebutkan dalam Alquran dan melihat kualitas, aplikasi, dan keuntungannya dalam kehidupan kita. 

Kurma adalah simbol yang biasanya dikaitkan dengan Islam dan Muslim karena disebutkan lebih banyak daripada tanaman penghasil buah lainnya dalam Alquran. Kurma merupakan bahan umum dalam makanan Muslim selama Ramadhan.

Nama botani kurma adalah Phoenix dactylifera. Dalam bahasa Arab, kurma juga dikenal sebagai nakhl. Di banyak negara Arab dan Afrika, buah kurma dikenal sebagai tamr.

Kurma adalah pohon cemara yang memiliki pohon jantan dan betina atau disebut dioecious. Hanya pohon betina yang berbuah, namun satu pohon jantan dapat menyerbuki 40-50 pohon betina dengan serbuk sarinya.

photo
Infografis Jenis Kurma Favorit dari Arab Saudi - (Republika.co.id)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement