Jumat 04 Mar 2022 16:39 WIB

Misteri Waktu Hari Kiamat dan 3 Golongan yang Berbeda

Kiamat adalah hari ketika makhluk dibangkitkan untuk mendapat hisab

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Hari Kiamat (Ilustrasi). Kiamat adalah hari ketika makhluk dibangkitkan untuk mendapat hisab

Ustadz Bobby menjelaskan pada hari kiamat nanti, manusia akan terbagi menjadi tiga kelompok. Pertama, yakni kelompok as-sabiqun as-sabiqun yakni orang-orang bertakwa yang senantiasa berlomba-lomba dalam rangka taat kepada Allah SWT. 

Kelompok ini kebanyakan dari orang-orang beriman terdahulu, dan hanya sedikit dari golongan orang-orang yang hidup di akhir zaman. 

Kedua, yakni kelompok ashabul yamin atau ashabul maimanah. Orang-orang ini adalah mereka yang beriman, saleh dan saling menasehati dalam kebaikan dan kebenaran. Kedua kelompok ini adalah orang-orang yang akan masuk ke dalam surga.

Ketiga, kelompok Ashabus Syimal yakni orang-orang yang celaka dan menerima catatan amal dari kiri atau dari belakang punggung. Kelompok ini akan dimasukkan ke dalam neraka. 

Lebih lanjut Ustadz Bobby mengatakan pada hari kiamat setiap manusia akan sibuk mempertanggungjawabkan amalnya masing-masing. Sebagaimana Allah ﷻ berfirman: 

يَوْمَ لَا يُغْنِي مَوْلًى عَنْ مَوْلًى شَيْئًا وَلَا هُمْ يُنْصَرُونَ “Yaitu hari yang seorang karib tidak dapat memberi manfaat kepada karibnya sedikitpun, dan mereka tidak akan mendapat pertolongan.” (QS Ad Dukhan ayat 41). 

Ustadz Bobby menjelaskan pada saat kiamat setiap orang akan lupa pada sanak familinya. Sebab mereka panik dengan urusan mereka yakni mencari keselamatan. 

Kendati demikian tidak setiap orang akan mendapat pertolongan pada hari kiamat. Hanya orang-orang yang bertakwa yang akan mendapatkan pertolongan Allah ﷻ. 

 

إِلَّا مَنْ رَحِمَ اللَّهُ ۚ إِنَّهُ هُوَ الْعَزِيزُ الرَّحِيمُ “Kecuali orang yang diberi rahmat oleh Allah. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Perkasa lagi Mahapenyayang.” (QS Ad Dukhan ayat 42)    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement