Kamis 10 Feb 2022 06:51 WIB

Naskah Khutbah Jumat Mukmin Akrab

Salah satu naskah khutbah Jumat yang disampaikan oleh pendakwah lulusan Madinah.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
 Naskah Khutbah Jumat Mukmin Akrab. Foto ilustrasi:  Umat Islam mendengarkan khutbah shalat Jumat di Masjid Nurul Islam, Palangakaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (16/7/2021). Meskipun pemerintah daerah setempat mengeluarkan surat edaran meniadakan sementara kegiatan di rumah ibadah guna menekan laju penularan COVID-19, sejumlah masjid di daerah tersebut tetap menggelar shalat Jumat secara berjamaah di saat pelaksanaan pengetatan PPKM berskala mikro.
Foto:

 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam saat bepergian, dilepas kepergiannya oleh keluarga beliau dengan kesenduan. Sebaliknya manakala pulang, disambut dengan kegembiraan.

 

 

Abdullah bin Ja’far radhiyallahu ‘anhuma bercerita,

" كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَدِمَ مِنْ ‌سَفَرٍ ‌تُلُقِّيَ بِصِبْيَانِ أَهْلِ بَيْتِهِ، قَالَ: وَإِنَّهُ قَدِمَ مِنْ سَفَرٍ فَسُبِقَ بِي إِلَيْهِ، فَحَمَلَنِي بَيْنَ يَدَيْهِ، ثُمَّ جِيءَ بِأَحَدِ ابْنَيْ فَاطِمَةَ، فَأَرْدَفَهُ خَلْفَهُ، قَالَ: فَأُدْخِلْنَا الْمَدِينَةَ، ثَلَاثَةً عَلَى دَابَّةٍ"

“Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pulang bepergian, biasanya beliau disambut oleh anak-anak anggota keluarganya. Suatu hari beliau pulang dari bepergian dan aku lebih dahulu menyambut beliau. Lalu aku dinaikkan di depan beliau. Kemudian salah seorang anak Fathimah radhiyallahu ’anha datang menyambut beliau. Diapun diboncengkan di belakang. Lalu kami bertiga memasuki kota Madinah di atas tunggangan beliau”. HR.  Muslim.

Alangkah indahnya kehangatan kepada keluarga yang dicontohkan beliau. Padahal saat itu beliau sudah berkepala lima atau enam. Dan di tengah kepenatan setelah bepergian jauh. 

Sidang Jum’at rahimakumullah…

Mukmin sejati bukan hanya akrab dengan keluarga terdekatnya. Namun juga dengan tetangganya, teman kerjanya, bahkan dengan pembantunya sekalipun.

Al-Ma’rur bin Suwaid rahimahullah bercerita, “Aku pernah melihat Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu mengenakan pakaian bagus, dan pembantunya juga mengenakan pakaian serupa. Maka akupun menanyakan hal itu. Beliau menjawab, bahwa dahulu semasa Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam hidup, Abu Dzar pernah menghina seseorang sembari menjelek-jelekkan ibunya. 

Maka orang yang dihina itu melapor kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Seketika itu beliau bersabda, “Wahai Abu Dzar, engkau masih memiliki sifat orang jahiliyah. Saudara-saudara dan para pembantu kalian itu telah diamanatkan Allah kepada kalian. 

"فَمَنْ كَانَ أَخُوهُ تَحْتَ يَدَيْهِ، فَلْيُطْعِمْهُ مِمَّا يَأْكُلُ، ‌وَلْيُلْبِسْهُ ‌مِمَّا ‌يَلْبَسُ، وَلَا تُكَلِّفُوهُمْ مَا يَغْلِبُهُمْ، فَإِنْ كَلَّفْتُمُوهُمْ فَأَعِينُوهُمْ عَلَيْهِ"

“Barangsiapa diamanati pembantu, hendaklah memberinya makan seperti yang ia makan. Memberinya pakaian seperti yang ia kenakan. Jangan membebaninya melebihi kemampuan. Jika kalian memberinya pekerjaan, bantulah ia”. HR. Bukhari dan Muslim.

أقول قولي هذا، وأستغفر الله لي ولكم ولجميع المسلمين والمسلمات، فاستغفروه إنه هو الغفور الرحيم.

KHUTBAH KEDUA:

الْحَمْدُ للهِ وحده والصلاة والسلام على من لا نبي بعده، وعلى آله وصحبه ومن اتبع هداه، أما بعد؛

Sidang Jum’at yang kami hormati…

Keakraban diraih dengan mengupayakan kebersihan hati dan kemuliaan akhlak. Bukan dengan mengorbankan prinsip-prinsip agama. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah sosok yang paling ramah, namun di waktu yang sama beliau juga sosok yang paling tegas dalam berpegang dengan prinsip akidah. Beliau adalah orang yang paling murah senyum. Namun jika agama dihina, maka beliau akan marah besar dan tidak tinggal diam. Beliau biasa bercanda dengan para sahabatnya. Namun saat bercanda, beliau tidak pernah berbohong atau merendahkan orang lain walau dengan alasan humor.

Keramahan dalam bersikap dan ketegasan dalam berprinsip adalah dua hal yang bisa dikombinasikan. Agar seseorang dianggap berkepribadian ramah, tidak harus bergaul bebas tanpa batas. Sebaliknya supaya seseorang dianggap tegas berakidah, tidak harus beraut muka sangar dan pelit senyuman. 

 هذا؛ وصلوا وسلموا –رحمكم الله– على الصادق الأمين؛ كما أمركم بذلك مولاكم رب العالمين، فقال سبحانه: "إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً". 

اللهم صل على محمد وعلى آل محمد كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد، اللهم بارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد.

ربنا ظلمنا أنفسنا وإن لم تغفر لنا وترحمنا لنكونن من الخاسرين

ربنا اغفر لنا ولإخواننا الذين سبقونا بالإيمان ولا تجعل في قلوبنا غلا للذين آمنوا ربنا إنك رؤوف رحيم

ربنا لا تزغ قلوبنا بعد إذ هديتنا وهب لنا من لدنك رحمة إنك أنت الوهاب

اللهم ارفع عنا الوباء والبلاء عاجلاً غير آجل، اللهم ارفع عنا الوباء والبلاء عاجلاً غير آجل، اللهم ارفع عنا الوباء والبلاء عاجلاً غير آجل

ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين

وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين. أقيموا الصلاة...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement