Ahad 06 Feb 2022 10:26 WIB

Meninjau Jejak Sejarah Islam di Irlandia

Hingga awal abad ke-20, sejarah kehadiran Islam di Irlandia masih bersifat individual

Masjid ICCI Irlandia. Meninjau Jejak Sejarah Islam di Irlandia
Foto:

Tapi, dengan segera menjadi jelas bahwa masjid itu sudah tidak cukup lagi menampung jamaah yang jumlahnya kian lama kian banyak. Memasuki dekade 1960-an, muncul ide untuk mencari tempat yang lebih besar lagi, tidak hanya sebagai tempat shalat, tetapi juga sebagai pusat kegiatan dan pelayanan masyarakat.

Selama dua dekade kemudian, sejumlah usaha diadakan, termasuk dengan kampanye penggalangan dana di tahun 1969. Donatur yang didekati oleh para mahasiswa Muslim itu beragam, baik dari kalangan orang tua para mahasiswa sendiri, maupun berbagai lembaga swasta dan pemerintahan lainnya, baik di dalam maupun di luar Irlandia.

Pekerjaan ini berhasil mendatangkan bantuan dana yang sangat besar dari pemerintah Abu Dhabi dan Raja Faisal dari Arab Saudi. Dari sana, komunitas Muslim Dublin membeli bangunan di Harrington Street No. 7 itu dan menjadikannya sebagai kantor pusat Muslim Society of Ireland.

Pada tahun 1970-an, komposisi Muslim Irlandia kian beragam. Di era itu, datanglah para pekerja di bidang mesin pesawat untuk mendapatkan pelatihan di Irlandia. Mereka antara lain datang dari Aljazair, Libya, Arab Saudi, dan Malaysia.

Perkembangan berikutnya terjadi di tahun 1980-an. Setelah melalui penggalangan dana serta menjual bangunan lama di Harrington Street, komunitas Muslim Dublin membeli sebuah gereja Presbiterian lama di South Circular Road, Dublin.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement