Ahad 06 Feb 2022 10:26 WIB

Meninjau Jejak Sejarah Islam di Irlandia

Hingga awal abad ke-20, sejarah kehadiran Islam di Irlandia masih bersifat individual

Masjid ICCI Irlandia. Meninjau Jejak Sejarah Islam di Irlandia
Foto:

Pada fase awal, umat Islam di Dublin menghadapi berbagai keterbatasan dalam menjalankan ibadah, dengan yang paling kentara adalah kekurangan tempat untuk melaksanakan shalat. Adakalanya shalat berjamaah diadakan di rumah.

Di lain waktu, shalat Jumat harus diadakan di hall yang disewa. Meski demikian, para mahasiswa itu tetap memikirkan dan mengusahakan berbagai cara untuk mengatasi persoalan tersebut. Mahasiswa ini menjadi pionir penting dalam pengembangan Islam di Dublin.

Memang, menurut organisasi Islam terkemuka di Irlandia, Islamic Cultural Centre of Ireland (ICCI), salah satu fase penting dalam sejarah Islam di Irlandia ialah pada periode 1950-an, ketika sejumlah mahasiswa Muslim dari luar datang ke negara itu untuk menempuh pendidikan tinggi. Selepas lulus kuliah, mereka tidak kembali ke daerah asalnya, melainkan membangun kehidupan di Irlandia.

Dengan semakin banyaknya jumlah Muslim di sana, lahir kesadaran untuk mengorganisir kegiatan keislaman di antara umat Islam setempat. Lahirlah Dublin Islamic Society (DIS) pada tahun 1959, yang tujuan awalnya adalah mengusahakan tempat shalat bagi umat Islam.

Karena yang diperlukan tidak hanya tempat shalat secara pribadi, tetapi juga tempat shalat berjamaah, terutama untuk shalat Jumat, maka para mahasiswa di DIS pun berupaya mencari lokasi yang cukup besar. Mereka berhasil mendapatkan lokasi di salah satu pusat kota Dublin, tepatnya di Harrington Street No. 7. Lokasinya dekat dengan kampus, dalam hal ini RSCI. Tempat yang sederhana ini kemudian dikenal sebagai masjid pertama di kota itu.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement