Jumat 28 Jan 2022 00:55 WIB

Tafsir Alquran Surat Al Anbiya Ayat 77: Doa Nabi Nuh untuk Kaumnya

Nabi Nuh berdoa memohon pertolongan Allah SWT agar kaumnya ditimpa bencana dahsyat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Doa. Doa Nabi Nuh untuk Kaumnya
Foto:

Menurut Ustadz Syahrullah, kata 'Dayyaro' pada ayat di atas bermakna tidak usah disisakan atau hancurkan semuanya yakni kaum nabi Nuh yang mendustakan risalah yang dibawa Nabi Nuh. "Nabi Nuh menyeru pada kaumnya untuk ibadah pada Allah dalam jangka waktu hampir seribu tahun, disebutkan 950 tahun. Tapi pengikutnya sedikit, yang beriman sedikit sekali," jelas Ustadz Syahrullah dalam kajian kitab Min Wahyil Quran karya syekh Yasin Muhammad Yahya di Masjid Bayt Alquran-Pusat Studi Alquran yang juga disiarkan secara virtual beberapa waktu lalu. 

Ustadz Syahrullah menjelaskan bahwa Nabi Nuh berdoa karena kaumnya itu sudah keterlaluan mencoba untuk menyakiti Nabi. Allah pun memperkenankan doa Nabi Nuh. Allah menyelamatkan Nabi Nuh, keluarganya dan pengikutnya yang beriman dari banjir besar. 

Lalu, apakah banjir yang terjadi saat itu membuat seluruh bumi tertutup air? Atau apakah banjir itu hanya terjadi di wilayah tempat berdiamnya Nabi Nuh dan kaumnya?

Ustadz Syahrullah menjelaskan Alquran tidak merinci detail tentang bencana banjir besar yang ditimpakan Allah kepada Nabi Nuh. Banyak ahli tafsir pun yang tidak menjelaskan secara detail tentang bencana banjir pada masa Nabi Nuh.

Meski, menurut Ustadz Syahrullah ada mufasir yang berani menjelaskan bahwa bencana banjir saat itu tidak terjadi di seluruh bumi. Atau hanya terjadi di wilayah tempat nabi Nuh. Kendati demikian, dalam Perjanjian Lama menyebutkan banjir pada masa Nabi Nuh itu terjadi di seluruh bumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement