Jumat 14 Jan 2022 05:45 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Bertebaran Mencari Rezeki dan Jangan Berputus Asa

Mencari rezeki halal akan mengantarkan orang semakin dekat kepada Allah.

 Pemulung mengumpulkan bahan plastik di tempat pembuangan akhir di Marelan, Medan, Provinsi Sumatera Utara, Senin (1/11/2021). Menurut International Environmental Technology Center (IETC), Indonesia menghasilkan lebih dari tiga juta ton sampah plastik yang tidak terkelola per tahun, di mana lebih dari satu juta ton berakhir di laut. Naskah Khutbah Jumat: Bertebaran Mencari Rezeki dan Jangan Berputus Asa
Foto:

Kaum Muslimin Jama’ah Juma’at yang dirahmati Allah.

Kedua, bersyukur dengan Reski yang didapatkan. Artinya setelah sekuat tenaga dengan mengupayakan kemampuan tubuh maupun otak, maka Rizki yang didapat baik banyak maupun sedikit wajib disyukuri. Karena dengan rasa syukur yang dimiliki, Allah akan berjanji menambah rizki kita.

Jika dua hal ini senantiasa dilakukan, maka Allah berjanji akan memberikan keberuntungan baik ketika hidup didunia maupun diakhirat.

Kaum Muslimin Jama’ah Juma’at yang dirahmati Allah.

Dalam mencari rizki dibumi Allah ini, bukanlah semudah membalikan telapak tangan. Artinya ada tantangan dan ujian maupun cobaan yang selalu dihadap, sepeti Dagangan yang tidak laku, ditipu, atau diberhentikan dari pekerjaan oleh atasan. Semua ini pasti dihadapi oleh manusia. Semua itu kadang membuat kita stres, frustrasi, depresi dan bahkan ada kebanyakan manusia menghadiri hidup dengan bunuh diri akibat tidak sanggup menghadapi semua hal ini.

Maka terhadap hal ini Allah mengingatkan kita di dalam Al-Qur’an untuk tidak berputus asa terhadap hal demikian dan kembali memohon ampun kepadaNya.

قُلْ يٰعِبَا دِيَ الَّذِيْنَ اَسْرَفُوْا عَلٰۤى اَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوْا مِنْ رَّحْمَةِ اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ جَمِيْعًا ۗ اِنَّهٗ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

“Katakanlah, “Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.”(QS. Az-Zumar 39: Ayat 53)

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement