Jumat 14 Jan 2022 05:45 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Bertebaran Mencari Rezeki dan Jangan Berputus Asa

Mencari rezeki halal akan mengantarkan orang semakin dekat kepada Allah.

 Pemulung mengumpulkan bahan plastik di tempat pembuangan akhir di Marelan, Medan, Provinsi Sumatera Utara, Senin (1/11/2021). Menurut International Environmental Technology Center (IETC), Indonesia menghasilkan lebih dari tiga juta ton sampah plastik yang tidak terkelola per tahun, di mana lebih dari satu juta ton berakhir di laut. Naskah Khutbah Jumat: Bertebaran Mencari Rezeki dan Jangan Berputus Asa
Foto:

Kaum Muslimin Jama’ah Juma’at yang dirahmati Allah.

Setiap makhluk yang Allah ciptakan baik manusia, hewan dan tumbuhan sudah ada dan dijamin rizkinya oleh Allah, serta Rezki yang diberikan itu  sangat banyak dan luas. Allah berfirman :

وَمَا مِنْ دَآ بَّةٍ فِى الْاَ رْضِ اِلَّا عَلَى اللّٰهِ رِزْقُهَا وَ يَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۗ كُلٌّ فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ.

“Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuz).”(QS. Hud 11: Ayat 6)

Meski sudah dijamin Rezki oleh Allah, seorang hamba tidak boleh berprilaku malas, karena Reski itu didapat dengan cara mencarinya, bukan berdiam diri dirumah.

Ingatlah Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, kecuali kaum tersebutlah yang mengubah nasibnya.

… اِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَ نْفُسِهِمْ ..

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.(Qs.Ar-Rad:11)

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement