Jumat 24 Dec 2021 05:25 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Kembali Membangun Etos Kerja

Mencari rezeki di muka bumi adalah suatu kewajiban.

Naskah Khutbah Jumat: Kembali Membangun Etos Kerja
Foto:

Hadirin sidang jamaah Jumat yang dimuliakan Allah!

Dalam suatu riwayat Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman dipaparkan tentang etos kerja yang telah dicontohkan oleh baginda Nabiyullah Muhammad SAW. Etos kerja yang dicontohkan Rasulullah ini sudah seharusnya menjadi prinsip dalam mencari rezeki dan penghidupan di dunia ini.

Pertama, dalam menumbuhkan mentalitas dan etos kerja maka harus lahir dari kesungguhan dalam mencari rezeki yang halal. Mereka yang memiliki prinsip semacam ini akan memunculkan spirit dan semangat untuk totalitas dan profesional dalam setiap pekerjaannya.

Hadirin sidang jamaah Jumat Rahimakumullah!

Berikutnya, prinsip yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW demi membangun mentalitas dan etos kerja adalah berangkat dari semangat menjaga diri supaya tidak menjadi beban atau lebih kerasnya tidak menjadi benalu bagi keluarga dan juga orang yang hidup disekitarnya. Sebagai Muslim, kita wajib menjaga diri dari meminta-minta.

Wajib menjauhkan diri dari kelompok orang yang bangga menjadi penerima belas kasihan orang lain. Rasulullah SAW pernah menegur salah seorang yang masih kuat tetapi pekerjaannya mengemis. Dalam sabdanya Rasulullah SAW:

“Sungguh orang yang mau membawa tali atau kapak kemudian mengambil kayu bakar dan memikulnya di atas punggung lebih baik dari orang yang mengemis kepada orang kaya, diberi atau ditolak,” (HR Bukhari dan Muslim).

Dapatlah diambil poin penting dari perkataan Rasulullah di atas bahwa setiap pekerjaan asal halal adalah mulia dan terhormat dalam Islam. Alangkah aneh dan lucunya jika masih ada yang merendahkan jenis pekerjaan tertentu karena dipandang remeh dan hina. Padahal pekerjaan demikian justru lebih mulia dan terhormat di mata Allah dibanding ongkang-ongkang kaki sambil berharap belas kasihan dan bantuan.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement