Selasa 21 Dec 2021 23:57 WIB

Persiapan Pernikahan Agung Tapi Sederhana, Antara Ali bin Abi Thalib dan Fatimah

Ali bin Abi Thalib dan Fatimah melangsungkan pernikahan secara sederhana

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Ali bin Abi Thalib dan Fatimah melangsungkan pernikahan secara sederhana. Ilustrasi pernikahan
Foto:

Lihatlah bagaimana uluran tangan mereka dalam mempersiapkan segala sesuatunya. Mereka lebih mementingkan kebutuhan sesama muslim daripada diri sendiri, sampai-sampai Utsman menghadiahkan zirah yang telah dibelinya kepada Ali. 

Semua itu merupakan bukti betapa kuatnya kasih sayang dan cinta yang terbina di antara Sahabat dengan kalangan Ahlul Bait. Allah Mahabenar, Dia telah menggambarkan jalinan tersebut di dalam firman-Nya: 

مُحَمَّدٌ رَّسُوۡلُ اللّٰهِ‌ ؕ وَالَّذِيۡنَ مَعَهٗۤ اَشِدَّآءُ عَلَى الۡكُفَّارِ رُحَمَآءُ بَيۡنَهُمۡۖ ‌ تَرٰٮهُمۡ رُكَّعًا سُجَّدًا يَّبۡتَغُوۡنَ فَضۡلًا مِّنَ اللّٰهِ وَرِضۡوَانًا‌ۖسِيۡمَاهُمۡ فِىۡ وُجُوۡهِهِمۡ مِّنۡ اَثَرِ السُّجُوۡدِ‌ ؕ ذٰ لِكَ مَثَلُهُمۡ فِى التَّوۡرٰٮةِ ۛ ۖۚ وَمَثَلُهُمۡ فِى الۡاِنۡجِيۡلِ ۛۚ كَزَرۡعٍ اَخۡرَجَ شَطْئَـهٗ فَاٰزَرَهٗ فَاسۡتَغۡلَظَ فَاسۡتَوٰى عَلٰى سُوۡقِهٖ يُعۡجِبُ الزُّرَّاعَ لِيَـغِيۡظَ بِهِمُ الۡكُفَّارَ‌ ؕ وَعَدَ اللّٰهُ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ مِنۡهُمۡ مَّغۡفِرَةً وَّاَجۡرًا عَظِيۡمًا 

Muhammad adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia bersikap keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu melihat mereka rukuk dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya. Pada wajah mereka tampak tanda-tanda bekas sujud.

Demikianlah sifat-sifat mereka (yang diungkapkan) dalam Taurat dan sifat-sifat mereka (yang diungkapkan) dalam Injil, yaitu seperti benih yang mengeluarkan tunasnya, kemudian tunas itu semakin kuat lalu menjadi besar dan tegak lurus di atas batangnya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan di antara mereka, ampunan dan pahala yang besar." (QS Al-Fath Ayat 29) 

Itulah pernikahan yang mudah dan sederhana. Mudah dalam peminangannya, sederhana dalam maharnya, namun tetap mempertahankan substansi dari pernikahan itu sendiri. Tidak ada yang berlebihan ataupun kekurangan dalam pernikahan mereka. Tidak mungkin ada unsur yang memberatkan pernikahan itu sementara Rasulullah sendiri hadir di tengah-tengah mereka.  

 

Oleh karena itulah Allah mengganjar Ali, Fatimah, dan kedua putranya dengan kepemimpinan di dunia dan di akhirat. Semoga Allah memberkahi keturunan mereka yang suci, dan senantiasa menjadikan keturunannya sebagai pribadi yang baik dan dicintai semua orang.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement