Rabu 01 Dec 2021 15:57 WIB

Lima Nama Allah yang Menunjukkan Allah Mahaadil

Saat berdoa dianjurkan memuji dan memanggil-Nya dengan nama terbaik Allah.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Lima Nama Allah yang Menunjukkan Allah Maha Adil
Foto:

3. Al-Fattah

Sementara Al Fattah adalah Pembuka, Dzat yang membuka semua pintu rahmat, keuntungan dan rezeki, nama ini juga menyiratkan Dzat yang menghakimi di antara manusia dengan keadilan yang sempurna. Tuhan adalah Pribadi yang menggunakan penilaian-Nya yang paling sempurna untuk memutuskan apa yang akan dibukakan.

4. Al Muqsit

Yang Adil. Tuhan itu adil dan tidak memihak. Dialah yang membela kaum tertindas dan membantu mereka menghadapi penindas mereka. Dikatakan bahwa Al Muqsit adalah Dzat yang menyadarkan orang-orang yang melakukan pelanggaran.

“ … mereka yang memiliki andil terbesar dalam nama ini adalah mereka yang pertama-tama bersikeras pada keadilan dari diri mereka sendiri untuk orang lain, … tetapi lebih dulu menuntutnya dari orang lain untuk diri mereka sendiri.”

5. Ad Dayyan

Secara bahasa, dayyan berarti menghakimi. Ad Dayyan adalah Dia yang menilai perbuatan kita dan memberi penghargaan atau hukuman yang sesuai.  

 

“Ad Dayyan-lah Yang Memperhitungkan dan Membalas. Dia yang membalas kebaikan dengan kebaikan dan kejahatan dengan kejahatan, dan Dia tidak akan pernah membiarkan pekerjaan siapa pun pria atau wanita hilang.”

photo
Infografis 3 Cara Raih Ampunan Allah di Tahun Baru Hijriyah - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement