Rabu 24 Nov 2021 07:40 WIB

3 Amalan Saat Berziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW

Makam Nabi Muhammad SAW berada di dalam Masjid Nabawi.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
3 Amalan Saat Berziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW. Umat Islam beribadah di area saf Raudhatun Jannah/Raudhah (Taman Surga) di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Senin (6/5/2019).
Foto:

Mengucap salam ke Abu Bakar RA

Setelah mengucap salam ke Nabi, dia harus mengambil satu langkah ke kanan sehingga dia berada di depan makam Abu Bakar RA dan berkata, “Assalaamu 'alayka ya Aba Bakr, assalaamu 'alayka ya khaliifatirosulillaah fi ummatihi, radiyallahu 'anka wa jazaaka 'an ummati Muhammadin khayran.”

Artinya: Damai sejahtera bagimu, hai Abu Bakar, damai atasmu wahai penerus Rasulullah di umatnya, semoga Allah meridhaimu dan membalasmu dengan kebaikan atas nama Muhammad.”

Mengucap salam ke Umar RA

Setelah mengucap salam ke Abu Bakar, kemudian dia harus mengambil satu langkah ke kanan sehingga dia berada di depan makam 'Umar RA dan berkata, "Assalaamu 'alayka ya 'Umar, assalaamu 'alayka ya amiirulmu'miniin, radiyallahu 'anka wa jazaaka 'an ummati Muhammadin khayran,”

Artinya: Assalamu'alaikum wahai 'Umar, wahai pemimpin orang-orang beriman, semoga Allah meridhoimu dan membalasmu dengan kebaikan atas umat Muhammad SAW,”

Apa yang Harus Dihindari?

Saat memasuki Masjid Nabawi, seseorang harus dalam keadaan tenang dan khusyuk. Salah satu dari banyak kesalahan yang dilakukan di makam Nabi SAW adalah meninggikan suara dan meminta darinya agar kebutuhan seseorang terpenuhi. 

 

Seseorang harus mengirim salam kepada Nabi dan kedua sahabatnya dengan etika yang tepat dan dengan suara rendah. Nabi Muhammad bersabda: “Jangan jadikan rumahmu kuburan, dan jangan jadikan kuburanku tempat pesta. Tapi berdoalah untukku karena berkahmu sampai padaku di mana pun kamu berada.” (HR. Abu Daud). 

photo
Infografis Tiga Alasan Mengikuti Sunnah Nabi Muhammad - (Dok Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement