Rabu 24 Nov 2021 07:40 WIB

3 Amalan Saat Berziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW

Makam Nabi Muhammad SAW berada di dalam Masjid Nabawi.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
3 Amalan Saat Berziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW. Umat Islam beribadah di area saf Raudhatun Jannah/Raudhah (Taman Surga) di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Senin (6/5/2019).
Foto:

Raudhah adalah suatu tempat di dalam Masjid Nabawi yang letaknya ditandai dengan tiang-tiang putih, berada diantara Rumah Nabi (sekarang Makam Rasulullah SAW) sampai mimbar. Adapun luas Raudhah dari arah timur ke barat sepanjang 22 meter dan dari utara ke selatan dua meter. Raudhah adalah tempat yang mustajab untuk berdoa.

Nabi Muhammad SAW memberi nama tempat tersebut Raudhatul Jannah atau Taman Surga. Semula lokasi Raudhah berada di luar Masjid Nabawi atau tepatnya di antara rumah Nabi dan mighrab di masjid. Namun seiring perluasan Masjid Nabawi yang telah dilakukan beberapa kali, lokasi itu saat ini berada di dalam masjid.

Dahulu, Nabi Muhammad sering duduk untuk membacakan wahyu dan mengajarkannya kepada sahabatnya di Raudhah. Nabi pernah bersabda, Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

 ما بين بيتي ومنير روضة من رياض الجنة

"Apa yang berada antara rumahku dan mimbarku merupakan taman dari taman-taman surga", (hadits riwayat Al-Bukhari dan Muslim).

photo
Permadani hijau penanda areal Raudhah di Masjid Nabawi, Madinah. - (Ismar Patrizki/Antara)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement