Kamis 04 Nov 2021 18:50 WIB

Menjawab Pernyataan Sholat 5 Waktu tak Ada dalam Alquran

Dasar hukum sholat itu memang merujuk kepada Alquran dan hadits Rasulullah SAW.

Rep: Meiliza Laveda/Alkhaledi Kurnialam/Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Menjawab Pernyataan Sholat 5 Waktu tak Ada dalam Alquran
Foto:

“Banyak orang yang salah membaca kalimat saya, yang saya katakan perintah sholat lima waktu atau lima kali, itu yang nggak ada dalam Alquran. Kalau perintah sholatnya jelas ada, diwajibkan sholat itu ada,” jelasnya kepada Republika.co.id, Kamis (4/11).

Ade menekankan, ucapan ini sebenarnya didasari pada konteks terkait kritikannya kepada orang-orang yang menginginkan penerapan syariah secara penuh di Indonesia. Ia mengkritik ide penerapan hukum syariah atau hukum-hukum dari Alquran, hadits dan ijma di Indonesia karena aturan itu dikatakannya ada untuk konteks abad ke-7.

“Jadi saya mau bilang, Alquran itu memang muatannya tidak selalu harus serta merta kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Ini konteksnya kritik saya pada orang yang mengaku ingin tegakkan syariah,”ujarnya.

“Nah, ketika saya menjelaskan perbedaan itu saya menyebut tentang misalnya saja yang namanya sholat itu dalam Alquran tidak pernah disebut harus dilakukan lima kali. Artinya banyak sekali ayat-ayat yang harus ditafsirkan dengan cara yang berbeda, jadi itu konteksnya. Saya nggak pernah mengatakan kita nggak perlu sholat,” tambahnya.

Dia menyayangkan beberapa tokoh agama hingga politikus yang menyebutnya dengan sebutan ingkar dari Islam hingga tuduhan lain. “Kalau nggak setuju ya bilang saja, di mana letak salahnya dan tolong koreksi. Kayaknya pimpinan pemuka Islam ini masih perlu belajar diskusi,” katanya. 

photo
Infografis kesalahan ketika menunaikan shalat. - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement