Kamis 04 Nov 2021 18:50 WIB

Menjawab Pernyataan Sholat 5 Waktu tak Ada dalam Alquran

Dasar hukum sholat itu memang merujuk kepada Alquran dan hadits Rasulullah SAW.

Rep: Meiliza Laveda/Alkhaledi Kurnialam/Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Menjawab Pernyataan Sholat 5 Waktu tak Ada dalam Alquran
Foto:

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan mengatakan perintah sholat jelas ada di dalam Alquran Surat Al Isra dan Surat Hud. Amirsyah menjelaskan untuk memahami ajaran Islam itu harus berdasarkan Alquran, hadits, dan termasuk ijtima ulama dengan menggunakan akal pikiran yang sehat. Ketika banyak penafsiran akhirnya memang harus disepakati para ulama. 

"Tegas dasar hukum sholat itu memang merujuk kepada Alquran dan hadits Rasulullah SAW. Berdasarkan itu perintah sholat itu disebutkan di dalam Alquran secara umum, kemudian dijelaskan lebih rinci berdasarkan hadits Rasulullah SAW. Lima waktu itu adalah perintah sholat yang dinyatakan di Alquran dan hadits dan para ulama telah sepakat memahami perintah lima waktu," ujar Amirsyah.

Amirsyah melanjutkan mereka yang bisa menyampaikan pandangan terkait ajaran agama Islam itu adalah ulama kompeten. Sedangkan mereka yang tidak memiliki kompetensi diminta menahan diri.

Karena itu, Amirsyah menyarankan Ade fokus di bidang keahliannya saja. "Jadi kalau beliau itu kompetensinya komunikasi, berkomentarlah soal komunikasi supaya tidak bias. Komentar sesuai keahlian, bukan berkomentar untuk sensasi," kata dia.

Ade menyebut banyak orang salah paham dengan ucapannya soal tidak ada perintah sholat lima waktu dalam Alquran. Kesalahpahaman ini yang membuat beberapa tokoh menyindirnya dengan berbagai kata-kata yang disebutnya kasar.

photo
Alquran (ilustrasi) - (Dok Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement