Kamis 04 Nov 2021 05:15 WIB

Bacaan Surat An-Naml Viral di Sosmed, Begini Tafsir Ayatnya

Surat tersebut berisi ajakan Nabi Sulaiman AS kepada Ratu Bilqis untuk beribadah.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Bacaan Surat An-Naml Viral di Sosmed, Begini Tafsir Ayatnya
Foto:

Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili mengatakan, ayat-ayat tersebut menunjukkan beberapa pelajaran, diantaranya:

Adab berbicara 

Adab berbicara khususnya dalam bidang dakwah kepada Allah SWT dalam surat-menyurat antara para raja dan para kepala negara merupakan hal penting dan dianjurkan dalam syariat. Adab ini yang menjadikan Ratu Bilqis menyifati surat Nabi Sulaiman sebagai surat yang mulia karena berisi kata-kata yang lembut, nasihat yang mengajak kepada penyembahan terhadap Allah SWT, dan kelembutan serta menarik hati yang baik tanpa dibarengi penghinaan dan laknat.

Ini diperkuat oleh firman Allah SWT:

ٱدْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِٱلْحِكْمَةِ وَٱلْمَوْعِظَةِ ٱلْحَسَنَةِ ۖ وَجَٰدِلْهُم بِٱلَّتِى هِىَ أَحْسَنُ ۚ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَن ضَلَّ عَن سَبِيلِهِۦ ۖ وَهُوَ أَعْلَمُ بِٱلْمُهْتَدِينَ

Artinya: “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, dan berdebatiah dengan mereka dengan cara yang baik.” (QS. An-Nahl: 125) 

Begitu juga firman Allah SWT kepada Nabi Musa dan Nabi Harun:

فَقُولَا لَهُۥ قَوْلًا لَّيِّنًا لَّعَلَّهُۥ يَتَذَكَّرُ أَوْ يَخْشَىٰ

“Maka berbicaralah kamu berdua kepadanya (Firaun) dengan kata-kata yang lemah lembut, mudah-mudahan dia sadar atau takut.” (QS. Thaahaa: 44) 

Ajakan beriman dan larangan mengikuti hawa nafsu

Isi surat Nabi Sulaiman meskipun singkat, tetapi mencakup tujuan yang diinginkan, yaitu penetapan keberadaan Allah SWT dan sifat-sifat-Nya, larangan mengikuti hawa nafsu, sombong dan takabbur. Ayat ini juga merupakan perintah untuk masuk Islam dan taat yaitu dengan datang sebagai seorang yang ikut, taat, dan berserah diri. 

Baca juga : Aktor Inggris Serukan Lebih banyak Representasi Muslim

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement