Senin 25 Oct 2021 06:12 WIB

Meraih Kebahagiaan dengan Menyimak Tafsir Surat Fushilat

Istiqamah menentukan keimanan kita, istiqamah menentukan keislaman kita.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Meraih Kebahagiaan dengan Menyimak Tafsir Surat Fushilat
Foto:

Di dalam Alquran, ada ilmu yang berasal dari ayat-ayat tanziliah (yang diturunkan langsung dari Allah SWT), tapi juga ada ilmu yang berasal dari ayat-ayat kauniah (yang digambarkan dengan hakikat kebekerjaan alam semesta).

Di dalam Alquran, kata “iman” dirangkai dengan kata “istiqamah” menggunakan kata sambung “tsumma”, yang dimaksudkan bahwa pencapaian derajat keimanan menuju derajat istiqmaha umumumnya perlu waktu, perlu proses. Penggunaan kata “tsumma” ini berbeda dengan penggunaan kata “wa”, suatu kata sambung yang umumnya tidak memerlukan waktu yang sama.

Misal, dalam tuntutan atau perintah berwudhu di dalam Alquran, harus dilakukan dengan segera, berturut-turut: Misal, membasuh muka, harus dilanjutkan dengan membasuh tangan, telapak tangan, mengusap bagian kepala, dan membasuh kaki. Sekali lagi, seorang Muslim untuk menjadi istiqamah, tentu perlu waktu.

Manfaatnya, Allah akan menjadi pelindung Muslim, melalui para malaikatnya, Bahkan pada saat sakratul maut, betapa pentingnya perlindungan dari Allah SWT tersebut, hingga akhirnya kita mampu membaca kalimat tauhid pada akhir hidup kita. Syetan akan terus menerus menggoda manusia dan berupaya menyesatkannya, bahkan sampai fase genting dalam masa akhir hidup kita seorang muslim. Kematian itu adalah peristiwa yang luar biasa, yang pasti terjadi.

Kita tidak perlu sedih, karena Allah SWT akan memberikan perlindungan kepada kita kaum beriman. Justeru, kita perlu bergembira dengan surga yang dijanjikan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, istiqamah harus menjadi pakaian atau lifestyles kita sehari-hari. Kita menjadi Muslim dan mukmin yang istiqamah, yang tidak ragu-ragu, akan kebenaran ajaran islam, kebenaran kalimat tauhid “La ilaaha illa Allah”.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement