Selasa 28 Sep 2021 05:25 WIB

Cara-Cara Pertunangan yang Dikenal dalam Sunnah

Seorang wanita bisa menawarkan dirinya pada pria beriman untuk dinikahi.

Cara-Cara Pertunangan yang Dikenal dalam Sunnah
Foto:

6. Isyarat lamaran pada masa iddah (bagi janda mati maupun janda cerai)

Allah Swt. berfirman,

Tidak mengapa bagimu menyatakan lamaran terhadap wanita itu dengan sindiran halus, atau kamu sembunyikan keinginanmu itu dalam hatimu karena Allah telah mengetahui bahwa lamaran itu nanti akan kamu utarakan juga kepadanya. Tetapi janganlah kamu membuat janji kawin dengan mereka secara rahasia, ke cuali sekadar mengucapkan sindiran halus menurut yang patut. Dan janganlah kamu mengambil keputusan untuk kawin sebelum habis masa iddahnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Mengetahui apa pun yang ada di dalam hatimu, karena itu takutlah kepada Nya. Dan ketahui jugalah bahwa Allah Maha Pengampun dan Maha Penyantun. (al-Baqarah: 235)

Dalam Tafsir al-Jalalayn kita menemukan contoh-contoh dari lamaran yang bersindiran dalam frase-frase seperti: "Kau benar benar cantik," "Bagaimana mungkin ada orang seperti kamu?" dan "Ada orang yang tertarik padamu."

Baca juga : Mengecek Risiko Diabetes dengan Celana Jeans

sumber : Buku Pegangan Utama Fiqih Wanita: Segala Hal yang Ingin Anda Ketahui tentang Perempuan dalam Hukum Islam oleh Majdah Amir, terbitan Qaf Media Kreativa
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement