Selasa 21 Sep 2021 08:06 WIB

Batas Masjid Al Aqsa, Qubbah AS Sakhrah Termasuk?

Masjid Al Aqsa adalah sebutan untuk seluruh kompleks masjid di Al Quds

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Nashih Nashrullah
Masjid Al Aqsa adalah sebutan untuk seluruh kompleks masjid di Al Quds. Ilustrasi  Qubbah As Sakhrah
Foto:

Kedua, Masjid Qubbah As Sakhrah. Ia disebut pula sebagai Dome of the Rock atau Masjid Kubah Batu. Banyak gambar tentang Masjid Al  Aqsa yang beredar di dunia nyata maupun maya menempatkan Qubbah As Sakhrah di tengah-tengah. 

Hal itu wajar kiranya bila sang pembuat gambar ingin menunjukkan keanggunan tanah suci di Al Quds tersebut. Sebab, bangunan yang didirikan raja Dinasti Umayyah, Abdul Malik bin Marwan, itu bisa dianggap sebagai komponen yang keindahannya paling mencolok di antara seluruh bagian Al Aqsa .

Qubbah As Sakhrah berwarna emas terang. Diameternya mencapai 20 m dengan ketinggian 10 m, sedangkan jaraknya dari permukaan tanah ialah 30 m. Berbeda dengan umumnya seluruh Al Aqsa yang menampilkan corak arsitektur Islam klasik, gaya bangunan Masjid Kubah Batu terinspirasi budaya Romawi Timur (Bizantium). 

Nama lainnya adalah Kubah Batu karena di bawahnya terdapat batu (shakhrah) yang berukuran 56x42 kaki persegi. Muslimin meyakini, pada batu itulah Nabi Muhammad SAW mulai melakukan Miraj. Karena itu, kesuciannya sering disepadankan dengan Hajar Al Aswad di Masjidil Haram. Di bawah shakhrah, terdapat gua segi empat yang luasnya 4,5x4,5 m persegi dan tingginya 1,5 m. 

Berikutnya ketiga, ada Masjid Al Buraq sebagai salah satu tempat di dalam kompleks Al Aqsa. Dinamakan demikian karena di sanalah Al  Buraq, kendaraan Nabi SAW saat melakukan Isra dan Miraj, ditambatkan. 

Seperti Qubbah As Sakhrah, pembangunannya bermula sejak era Bani Umayyah. Namun, bentuknya yang dapat dilihat sekarang adalah hasil renovasi yang dikerjakan sultan zaman Dinasti Mamluk. 

Masjid seluas 100 m persegi ini terletak di samping tembok barat Al Aqsa. Kaum zionis kerap memicu konflik di sana karena merasa tembok masjid tersebut adalah bagian dari sisa-sisa Haikal Sulaiman, yakni Tembok Ratapan. 

Dan keempat, dalam area Al Aqsa , tepatnya pada sisi barat daya, terdapat Masjid Al Magharibah yang dibangun Sultan Shalahuddin Al Ayyubi. Selain itu, ada pula Mushala An Nisa. 

Dahulu, bagian dari Tanah Suci ini, sesuai namanya, menjadi tempat bagi jamaah perempuan. Namun, kini ia merupakan pusat perpustakaan Al Aqsa . 

 

Adapun pada sisi tenggara Al Aqsa , ada Mushalla al-Marwani. Bangunan seluas 4.000 m persegi itu didirikan Khalifah Walid bin Abdul Malik. Sewaktu Al Quds diserbu Pasukan Salib, bagian Al Aqsa  ini diubah menjadi kandang kuda.   

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement