Sabtu 21 Aug 2021 05:10 WIB

Delapan Kriteria dalam Memilih Suami yang Baik

Islam telah menetapkan sejumlah prinsip dalam memilih pasangan.

Delapan Kriteria dalam Memilih Suami yang Baik
Foto:

4. Keturunan keluarga yang baik: Jika seorang wanita dilamar oleh dua orang pria yang sama-sama beriman namun punya latar belakang keturunan keluarga yang berbeda, maka hendaklah dipilih yang punya latar belakang keturunan keluarga yang lebih baik, asalkan pelamar yang lain itu tidak lebih kuat imannya. Dalam kasus kedua, yang paling berimanlah yang harus dipilih.

5. Akan lebih disukai jika pria itu dari segi keuangan cukup mampu. Rasulullah saw bersabda kepada Fatimah bint Qays, "Tentang Mu'awiyah, dia seorang laki-laki miskin yang tidak punya uang... Meski demikian, jika seorang laki-laki yang kaya dan beriman juga melamar, maka dialah yang harus diterima, sebab kemampuan keuangan hanya diberlakukan jika kedua pelamar sama-sama beriman.

6. Juga lebih disukai jika pria itu penuh kasih sayang dan lemah lembut terhadap wanita. Rasulullah saw. bersabda kepada Fatima bint Qays, "Sedangkan Abu Jahm, dia tidak pernah meletakkan tongkatnya pada bahunya (maksudnya, dia dikenal suka memukuli wanita)."

7. Disarankan agar seorang wanita tidak menikah dengan pria yang mandul, karena Rasulullah saw. akan membanggakan kaumnya yang jumlahnya melampaui semua kaum lain di Hari Kiamat.

8. Disarankan agar seorang wanita menikah dengan pria yang tidak punya cacat atau penyakit parah (misalnya penyakit gila. lepra, penyakit kulit, dan diabetes).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement