Sabtu 29 May 2021 16:09 WIB

Bukti Kekuatan Alquran yang Lembutkan Hati Umat Manusia

Salah satu mukjizat Alquran adalah mampu menggetarkan hati

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Salah satu mukjizat Alquran adalah mampu menggetarkan hati. Membaca Alquran. (Ilustrasi)
Foto:

Sahabat Nabi, Umar bin Khatab juga bergetar takut ketika mendengar Alquran dilantunkan. Abu Hamid Al Ghazali mengatakan, dalam kitba Ihya Ulumuddin:  

“Ketika Umar bin Khattab membaca Surat At Takwir ayat 1, yang artinya "Apabila matahari digulung," hingga ayat 10 "Dan apabila catatan-catatan (amal perbuatan manusia) dibuka," beliau tersungkur, pingsan. Suatu saat, Amirul Mukminin ini melewati rumah seseorang yang tengah sholat dan membaca surat Ath Thur.

Beliau berhenti seraya menyimaknya, dan begitu sampai pada ayat 7-8, "Sesungguhnya azab Rabbmu pasti terjadi, tidak seorang pun yang dapat menolaknya," beliau pun turun dari himarnya, lalu bersandar di dinding, dan diam tercenung beberapa saat. Dan sepulangnya di rumahnya, Umar sakit sebulan lamanya. Orang-orang menjenguknya dan mereka tak tahu apa yang dikeluhkannya. 

Dari Ibnu bin Malika berkata pernah mendengar Ibnu Abbas senang membaca Alquran hingga terisak dan menangis terharu ketika membaca Surat Qaf ayat 19: 

وَجَاءَتْ سَكْرَةُ الْمَوْتِ بِالْحَقِّ ۖ ذَٰلِكَ مَا كُنْتَ مِنْهُ تَحِيدُ “Dan datanglah sakaratul maut dengan sebenar-benarnya. Itulah yang dahulu hendak kamu hindari.”

Muqatil bin Hayyan pernah berdoa dan duduk di belakang Umar bin Abdul Aziz. Ketika itu dia sedang melafalkan, Alquran surat As Shaffat ayat 24 serta mengulang-ngulangnya:

وَقِفُوهُمْ ۖ إِنَّهُمْ مَسْئُولُونَ “Tahanlah mereka (di tempat perhentian), sesungguhnya mereka akan ditanya.”

 

 

Sumber: alukah   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement