Kamis 20 May 2021 20:33 WIB

Kisah Tsumamah bin Utsal Boikot Ekonomi Kaum Quraisy

Boikot ekonomi yang dilancarkan Tsumamah membawa akibat fatal bagi kaum Quraisy.

Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto:

Tatkala mengetahui yang berteriak adalah Tsumamah, mereka kembali terkejut. Seorang pemuda yang semula ingin mengacungkan pedangnya ke arah Tsumamah segera mereka cegah. “Tidak tahukah kamu siapa dia?”

“Dialah Tsumamah bin Utsal. Jika engkau sampai menyakitinya, kaumnya akan menghentikan pengiriman bahan makanan kepada kita. Kita akan mati kelaparan,” seru pimpinan Quraisy.

Dengan disaksikan puluhan mata kafir Quraisy, Tsumamah melaksanakan umrah sesuai dengan syariat Islam yang diajarkan Rasulullah. Ia kembali pada kaumnya dan menyeru mereka masuk agama Islam. Ajakan tersebut diterima rakyatnya dengan baik dan dilaksanakan dengan patuh. Tsumamah menghentikan pengiriman bahan makanan kepada kafir Quraisy. 

Boikot ekonomi yang dilancarkan Tsumamah membawa akibat fatal bagi kaum Quraisy. Mereka menderita kesusahan setahap demi setahap sehingga bahaya kelaparan mengancam. Karena itu mereka segera menulis surat kepada Rasulullah, mohon agar Tsumamah menghentikan boikot tersebut.

Rasulullah yang berhati lembut dan penuh toleransi segera mengirim surat kepada Tsumamah agar menghentikan pemboikotan terhadap kaum Quraisy. Tsumamah melaksanakan perintah Rasulullah itu dengan patuh. Bahan makanan dan kebutuhan lainnya segera dikirim kepada kaum Quraisy.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement