Selasa 05 Dec 2023 14:03 WIB

Kisah Hudzaifah bin Yaman, Mata-Mata Muslim dan Penjaga Rahasia Rasulullah (2-Habis)

Hudzaifah bin al-Yaman Ra, Intel Muslim dan Penjaga Rahasia Rasulullah (2)

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Sahabat Nabi (Ilustrasi)
Foto: Dok Republika.co.id
Sahabat Nabi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu keistimewaan Hudzaifah bin al-Yaman ialah menjadi pemegang rahasia Rasulullah Saw. Ia dikenal sebagai orang yang dipercaya oleh Rasulullah Saw dalam menyimpan rahasia.

Adz-Dzahabi dalam kitabnya Siyar A'lam an-Nubala menyebut Hudzaifah bin al-Yaman dengan sebutan “Shahibus Sirri" (pemilik rahasia). Sebutan itu memang sangat tepat diberikan kepada Hudzaifah bin al-Yaman karena ia salah satu sahabat yang dipercaya oleh Rasulullah Saw untuk menyimpan beberapa informasi penting dan rahasia. Dan, para sahabat pun mengakui keistimewaan Hudzaifah bin al-Yaman tersebut.

Baca Juga

Dalam kitabnya, Adz-Dzahabi menuliskan dua rahasia penting yang disampaikan Rasulullah Saw kepada Hudzaifah. Rahasia pertama ialah tentang data orang-orang munafik di sekitar Rasulullah Saw. Rahasia kedua yakni tentang beberapa konspirasi yang direncanakan oleh orang-orang munafik itu terhadap kaum muslimin.

Riwayat dari Abu Dawud, Hudzaifah bin al-Yaman Ra. berkata, “Rasulullah Saw. pernah berdiri di hadapan kami (khutbah), tidak ada sesuatu pun yang bakal terjadi hingga datang Hari Kiamat kecuali beliau jelaskan saat (beliau berdiri) itu. Maka, hafallah orang yang hafal dan lupalah orang yang lupa. Dan, para sahabat telah mengetahui hal itu. Sungguh, aku dapat mengingat apa yang disampaikan saat itu, sebagaimana seorang laki-laki yang mengingat wajah orang yang pergi kemudian bertemu lagi."

 

Rizem Aizid dalam bukunya, The Great Sahaba mengatakan itulah dua riwayat yang menerangkan Hudzaifah bin al-Yaman merupakan salah satu sahabat yang diberi amanah menjaga rahasia Rasulullah Saw. Dua riwayat tersebut secara tersirat maupun tersurat menggambarkan dengan begitu gamblang kedudukan dan kecerdasan Hudzaifah. Ia memiliki pengetahuan yang luas mengenai dimensi-dimensi esoteris dalam Islam sejak awal.

Salah satu rahasia yang diamanatkan oleh Nabi SAW...

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement