Selasa 04 May 2021 11:05 WIB

Apa Perbedaan Sholat Tahajud dan Sholat Qiyam?

Istilah qiyamul lail memunculkan pertanyaan terkait bentuk ibadah malam.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Apa Perbedaan Sholat Tahajud dan Sholat Qiyam? Umat Islam membaca Al Quran ketika beritikaf di Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (3/5/2021). Itikaf di 10 hari terakhir Bulan Ramadan bertujuan meraih malam kemuliaan, dengan membaca Al-Quran, salat Tahajud, dan berzikir.
Foto:

"Hai orang yang berselimut (Muhammad). bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya). (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit. atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Alquran itu dengan perlahan-lahan." (QS. Al-Muzzammil: 1-4)

"Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (QS. Al-Isra: 79)

Ayat terakhir ini berarti bangun dan melaksanakan sholat tahajud.  Tahajud mengacu pada bangun setelah tidur dan melakukan sholat malam.

Karena sholat malam opsional ini hanya dimungkinkan dilakukan setelah tidur untuk beberapa waktu, maka dinamakan tahajud, meskipun nama asli shalat malam adalah qiyam. Qiyam secara harfiah berarti berdiri.

Dikatakan juga tahajud adalah sholat setelah tidur. Qiyam mengacu pada bermalam dalam ibadah secara umum, baik itu sholat atau bentuk ibadah lainnya seperti membaca Alquran.

photo
Infografis Keutamaan Sholat Tahajud - (Republika.co.id)

 

https://aboutislam.net/counseling/ask-the-scholar/prayer/difference-tahajjud-qiyam-prayers/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement