Selasa 04 May 2021 03:52 WIB

Kemegahan Masjid Agung Aljazair dan Ironi di Baliknya

Masjid Agung Aljazair menjadi masjid terbesar di Afrika

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Masjid Agung Aljazair
Foto:

Lebih dari itu, ada Masjid Agung Aljazair yang menjadi masjid terbesar di Afrika yang berusia kurang dari dua tahun dan membutuhkan waktu hampir tujuh tahun untuk menyelesaikannya. Sebelum selesai pada April 2019, gelar masjid terbesar di Afrika adalah milik Masjid Hassan II di Casablanca, Maroko.

Keputusan untuk membangun masjid terbesar di Afrika dikaitkan dengan persaingan yang mengakar antara Aljazair dan Maroko, yang dimulai setidaknya sejak Perang Pasir 1963 dan diperburuk selama bertahun-tahun dengan perbedaan politik dan kedua negara berdiri di sisi yang berlawanan, konflik yang sedang berlangsung di Sahara Barat.

Masjid Agung Aljazair, yang kini menjadi masjid terbesar ketiga setelah dua situs suci umat Islam yaitu Masjid Al Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah, diresmikan pada Rabu malam pada kesempatan tanggal lahir Nabi Muhammad SAW.

Masjid Agung Aljazair dikenal secara lokal sebagai Djamaa El Djazair. Masjid ini memiliki desain yang modernis, dengan interior Andalusia, dan menara tertinggi di dunia pada ketinggian 267 meter, menjulang di atas menara tertinggi sebelumnya di Casablanca, Maroko. Menara ini dilengkapi dengan lift dan platform pengamatan yang menghadap ke ibu kota dan Teluk Algiers.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement