Selasa 04 May 2021 03:52 WIB

Kemegahan Masjid Agung Aljazair dan Ironi di Baliknya

Masjid Agung Aljazair menjadi masjid terbesar di Afrika

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Masjid Agung Aljazair
Foto:

Sejumlah kalangan melihat masjid itu sebagai proyek kesombongan, menghabiskan lebih dari 1 miliar dolar uang publik yang seharusnya dapat diinvestasikan dalam menciptakan lapangan kerja dan pertumbuhan yang berkelanjutan. Masjid ini juga dipandang sebagai simbol pemerintahan lama Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika.

Namun orang di belakang proyek itu tidak ada untuk melihatnya membuahkan hasil. Bouteflika dipaksa turun dari kekuasaan pada bulan yang sama pembangunan masjid selesai, setelah protes massal meletus di seluruh negeri menentang pemerintahan otokratis yang telah berlangsung selama dua dekade.

Untuk negara yang tidak kekurangan masjid, baik bersejarah maupun baru, keputusan untuk memulai bangunan yang mahal dan ambisius tersebut patut dipertanyakan. Namun, orang hanya dapat berharap bahwa masjid akan menjadi pusat teologi, budaya dan penelitian sebagaimana mestinya dan akan menarik lebih banyak pengunjung yang ingin menjelajahi negara yang megah ini. 

Sosiolog Belakhdar Mezouar yang dikutip oleh AFP mengatakan masjid besar itu tidak dibangun untuk rakyat. "Dan Bouteflika telah membangunnya untuk bersaing dengan Maroko dan untuk meletakkan konstruksi di CV-nya sehingga dia bisa masuk surga pada hari Pengadilan," katanya.

Beberapa pihak juga mengkritisi total dana negara sebesar 1 miliar dolar yang dihabiskan untuk membangun masjid tersebut, sedangkan di sisi lain terjadi maraknya pengangguran di kalangan muda dan peningkatan yang sangat dibutuhkan di sektor kesehatan dan pendidikan yang dipandang sebagai prioritas bagi negara. 

 

"Ada masjid di hampir setiap lingkungan," kata Said Benmehdi, seorang warga Aljazair berusia tujuh puluhan, yang kedua anaknya menganggur. Dia mengatakan lebih suka negara membangun pabrik dan membiarkan anak-anak muda bekerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement