Senin 03 May 2021 16:51 WIB

Allah Memperkenalkan: Adam Diperdaya Setan

Setan adalah manusia taau jin yang berusaha memperdaya orang lain.

Allah Memperkenalkan: Adam Diperdaya Setan
Foto:

Karenanya, dalam perbuatannya memperdaya Adam untuk melanggar larangan Allah ini Iblis disebut setan. Orang lain, baik dari golongan jin dan manusia, juga disebut setan jika melakukan hal yang sama. Barangkali manusia yang disebut setan ini nantinya yang menjadi bahan bakar neraka sebagaimana disebutkan dalam Qs Al Baqarah ayat 24:

فَاِنْ لَّمْ تَفْعَلُوْا وَلَنْ تَفْعَلُوْا فَاتَّقُوا النَّارَ الَّتِيْ وَقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ ۖ اُعِدَّتْ لِلْكٰفِرِيْنَ

Fa il lam taf’alụ wa lan taf’alụ fattaqun-nārallatī waqụduhan-nāsu wal-ḥijāratu u’iddat lil-kāfirīn

Jika kamu tidak mampu membuatnya, dan (pasti) tidak akan mampu, maka takutlah kamu akan api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir. (Qs Al Baqarah 24).

Lalu apa yang bisa kita ambil dari pelajaran di atas? Setan memang akan selalu menggoda dan menjerumuskan kita pada hal-hal yang terlarang oleh agama.

Tetapi setan yang paling berbahaya adalah dari keluarga, sanak, saudara dan handai taulan yang dekat pada kita. Sebagaimana istri Adam yang ikut menyetani agar melanggar larangan Allah untuk mendekati salah satu pohon di surga dan bahkan untuk memakannya.

Istri/suami dan keluarga kita bisa mendorong kita untuk melanggar larangan Allah. Misalnya larangan mencari rezeki yang haram, istri atau keluarga bisa mendorong kita korupsi. Itulah sebetulnya perbuatan setan yang dilakukan istri atau keluarga kita. Waallahu a’lam bisshawab

https://suaramuhammadiyah.id/2021/04/22/allah-memperkenalkan-40-adam-diperdaya-setan/

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement