Senin 03 May 2021 16:51 WIB

Allah Memperkenalkan: Adam Diperdaya Setan

Setan adalah manusia taau jin yang berusaha memperdaya orang lain.

Allah Memperkenalkan: Adam Diperdaya Setan
Foto:

Setan sendiri, menurut Rasulullah saw bisa dari kalangan manusia maupun dari kalangan jin. Ini tersirat dari sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

إِنِّى لأَنْظُرُ إِلَى شَيَاطِينِ الإِنْسِ وَالْجِنِّ قَدْ فَرُّوا مِنْ عُمَرَ

“Sungguh aku melihat setan dari kalangan manusia dan jin lari dari ‘Umar.” (HR. Tirmidzi no. 3691. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Lalu siapa yang menggoda Adam dan istrinya pada saat itu, tentu setan dari golongan jin. Karena manusia pada saat itu hanya ada dua orang saja, yaitu Adam dan istrinya.

Tetapi adakah peran manusia dalam peristiwa itu. Dari berbagai kisah yang muncul sesungguhnya yang diperdaya pada saat itu adalah istri Adam. Baru kemudian istri Adam ikut memperdaya dan menjadi setan bagi Adam bersama si penggoda.

Lalu siapa sebetulnya yang menggoda Adam dan istrinya sehingga mereka terperdaya. Jika kita telisik dari ayat sebelumnya, Qs Al Baqarah 34 maka Iblislah sebetulnya yang memperdaya keduanya. Iblis yang masuk golongan kafir karena hanya dialah yang mempunyai hubungan yang kurang baik dengan Adam as:

وَاِذْ قُلْنَا لِلْمَلٰۤىِٕكَةِ اسْجُدُوْا لِاٰدَمَ فَسَجَدُوْٓا اِلَّآ اِبْلِيْسَۗ اَبٰى وَاسْتَكْبَرَۖ وَكَانَ مِنَ الْكٰفِرِيْنَ

Wa iż qulnā lil-malā`ikatisjudụ li`ādama fa sajadū illā iblīs, abā wastakbara wa kāna minal-kāfirīn

Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu kepada Adam!” Maka mereka pun sujud kecuali Iblis. Ia menolak dan menyombongkan diri, dan ia termasuk golongan yang kafir. (Qs. Al Baqarah 34).

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement