Rabu 28 Apr 2021 22:05 WIB

Mereka yang Mati Syahid Selain dalam Berperang

Syuhada adalah mereka yang dimuliakan dalam kuburnya.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Mereka yang Mati Syahid Selain dalam Berperang. Penampakan fenomena Supermoon, di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (8/5). Supermoon adalah penampakan bulan lebih besar dari biasanya karena posisi bulan berada di titik terdekat dengan bumi
Foto:

Sakit perut yang dimaksud dapat berupa menggelembungnya perut. Sebagian orang mengatakan sakit perut itu adalah mulas atau mereka yang mengeluhkan kondisi perutnya.

Di sisi lain, hadits yang diriwayatkan oleh Bukahri, Muslim, dan Anas menyebutkan “Mengalami kusta merupakan kesyahidan bagi setiap Muslim.”

Rasulullah juga bersabda, “Barangsiapa yang terbunuh karena membela hartanya berarti mati syahid, barangsiapa yang terbunuh karena membela darahnya berarti mati syahid, barangsiapa yang terbunuh karena membela agamanya mati syahid, dan barangsiapa yang terbunuh karena membela keluarganya maka ia mati syahid,” (HR Ahmad dan at-Tirmidzi, al-Albani menetapkan sebagai hadits shahih dalam kitab Shahih al-Jami’, 6445).

 

Mereka semua yang disebutkan Rasulullah itu sebagai syuhada adalah mereka yang dimuliakan dalam kuburnya. Allah memberikan kenikmatan dan selamat dari adzab dan fitnah kubur atau dimuliakan di akhirat berupa keabadian di dalam surga. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement