Rabu 28 Apr 2021 05:09 WIB

Ensiklopedia Medis Al Razi Jadi Rujukan Eropa

Al Razi dikenal masyarakat Barat sebagai Rhazes.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Al-Razi
Foto:

Cengkeraman kuat Al Razi di bidang kimia, matematika, dan kedokteran membawanya pada penemuan asam sulfat, raja asam. Pemahamannya tentang kedokteran juga mendorongnya untuk menulis monograf pertama tentang pediatri, yang dikenal dalam bahasa Latin sebagai Practica Puerorum, yang menggambarkan penyakit cacar dan campak secara rinci.

Ia juga dikenal sebagai pelopor neuroanatomi terapan dan neurologi, serta berhasil mengobati berbagai penyakit mental.

Pengetahuan mendalam Al Razi tentang berbagai subjek membuatnya terkenal sebagai salah satu dokter terhebat pada masanya. Ia menarik mahasiswa dari berbagai daerah dan latar belakang.

Al Razi menjelaskan penyebab dan konsekuensi dari beberapa reaksi kimia, menjelaskan 20 elemen yang dapat diterapkan untuk menyelidiki bahan kimia. Dari perspektif biologi, ia mengembangkan sistem klasifikasi primitif dan membagi zat menjadi hewan, tumbuhan dan mineral yang membuka jalan bagi kimia organik dan anorganik.

Dalam neurologi, Al Razi menyatakan bahwa saraf memiliki fungsi motorik atau sensorik dan menggambarkan tujuh saraf kranial dan 31 saraf tulang belakang, menetapkan urutan numerik mulai dari saraf optik hingga saraf hipoglosus.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement