Selasa 20 Apr 2021 17:42 WIB

Allah Memperkenalkan Nama Khalifah Itu Adam

Allah memberi pelajaran yang bisa digunakan dan dikembangkan untuk mengelola bumi.

Allah Memperkenalkan Nama Khalifah Itu Adam
Foto:

Bukan tidak mungkin, pengajaran ilmu yang diberikan kepada Adam sebagai khalifah ini pengajarannya oleh Allah SwT terus berkembang. Termasuk kepada khalifah-khalifah pengganti Adam berikutnya sampai tugas sebagai khalifah di Bumi tersebut berakhir. Terbukti ilmu-ilmu yang ada di dunia saat ini terus berkembang seiring dengan perkembangan peradaban manusia.

Pengajaran dan perkembangan ilmu ini, sangat terkait dengan organ pokok yang diberikan Allah SwT saat penciptaan manusia. Yaitu organ otak dan mungkin juga hati (qalb).

Otak manusia diciptakan oleh Allah SwT sangat istimewa, berbeda dengan susunan otak mahluk lainnya. Otak manusia dengan simpul saraf yang banyak ini mampu mengatur gerak manusia dan menangkap ilmu yang diajarkan oleh Allah SwT lewat berbagai perantara dan otak pun mampu mengembangkan ilmu-ilmu tersebut guna kesejahteraan hidup manusia.

Organ lain yang sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia adalah Qalb atau hati, meski tidak menafikkan fungsi organ yang lain dalam tubuh manusia. Sebuah hadits tentang Qalb mengisyaratkan hal yang demikian. Hadits tersebut adalah sebagai berikut:

Dari An Nu’man bin Basyir radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَلاَ وَإِنَّ فِى الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ . أَلاَ وَهِىَ الْقَلْبُ

“Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati (jantung)” (HR. Bukhari no. 52 dan Muslim no. 1599).

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement