Selasa 20 Apr 2021 05:46 WIB

10 Faktor Masuk Surga dan 5 Faktor Dijebloskan Neraka

Amal saleh dan amal buruk masing-masing punya efek surga dan neraka

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Amal saleh dan amal buruk masing-masing punya efek surga dan neraka. Ilustrasi Surga
Foto:

Faktor ketujuh, selalu merindukan Allah, tunduk dan pasrah kepada-Nya. Karena, yang membedakan sebuah perbuatan adalah apa yang di hati. Calon penghuni surga akan selalu mencegah dirinya berbuat dosa, bahkan jika ditawari uang sekalipun. 

Faktor kedelapan, bertakwa kepada Allah SWT. Sebagian besar ayat yang berbicara tentang Surga dan sifat-sifat umatnya di dalam Alquran selalu mengaitkan takwa kepada Allah dan masuk Surga. Allah berfirman: 

 تِلكَ الجَنَّةُ الَّتي نورِثُ مِن عِبادِنا مَن كانَ تَقِيًّا "Itulah surga yang akan Kami wariskan kepada hamba-hamba Kami yang selalu bertakwa." (QS Maryam ayat 63).

Faktor kesembilan, selalu berbuat adil. Orang yang memiliki kekuasan dan bersikap adil akan dimasukkan Allah ke surga. Rasulullah SAW bersabda: 

وَأَهْلُ الجَنَّةِ ثَلَاثَةٌ ذُو سُلْطَانٍ مُقْسِطٌ مُتَصَدِّقٌ مُوَفَّقٌ، وَرَجُلٌ رَحِيمٌ رَقِيقُ القَلْبِ لِكُلِّ ذِي قُرْبَى وَمُسْلِمٍ، وَعَفِيفٌ مُتَعَفِّفٌ ذُو عِيَالٍ “Ahli surga itu tiga golongan, yaitu orang yang memiliki kekuasaan yang adil dan disetujui rakyatnya, pria yang lemah lembut hatinya terhadap kerabat dan Muslim, dan orang miskin yang menjaga kehormatan keluarganya.” (HR Muslim).

Faktor kesepuluh, berpuasa dan melaksanakan ibadah haji. Kedua ibadah ini diperintahkan Allah kepada hamba-Nya dan menjadi salah satu hal terbesar yang akan dibawa seorang Muslim kepada Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda: 

وما تَقَرَّبَ إلَيَّ عَبْدِي بشيءٍ أحَبَّ إلَيَّ ممَّا افْتَرَضْتُ عليه "Dan tidaklah hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan suatu (amal shaleh) yang lebih Aku cintai dari pada amal-amal yang Aku wajibkan kepadanya (dalam Islam)."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement