Selasa 20 Apr 2021 05:46 WIB

10 Faktor Masuk Surga dan 5 Faktor Dijebloskan Neraka

Amal saleh dan amal buruk masing-masing punya efek surga dan neraka

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Amal saleh dan amal buruk masing-masing punya efek surga dan neraka. Ilustrasi Surga
Foto:

Lima Faktor Masuk Neraka

Sedangkan faktor yang membuat masuk neraka ada lima. Pertama, yaitu syirik kepada Allah SWT, melakukan penindasan terhadap orang, dan melanggar hak-hak mereka. Rasulullah SAW bersabda:  

مَن ظَلَمَ قِيدَ شِبْرٍ مِنَ الأرْضِ طُوِّقَهُ مِن سَبْعِ أرَضِينَ "Siapa saja yang berbuat zalim (dengan menguasai tanpa hak) sejengkal tanah, niscaya ia dibebani tujuh lapis bumi." (HR. Bukhari dan Muslim)

Faktor kedua, berurusan dengan riba, mengkonsumsi uang yatim piatu, menyuap, sumpah palsu, tidak adil dalam menghakimi orang, dan sombong. 

Faktor ketiga, berbicara tanpa manfaat sembari membuat marah Allah. Karena, ucapan yang dikeluarkan dari lidah adalah yang paling membawa orang ke dalam api neraka. Nabi berkata suatu hari kepada Muadz bin Jabal.  

وهل يكب الناس في النار على وجوههم، أو على مناخرهم، إلا حصائد ألسنتهم "Bukankah manusia itu dilemparkan ke dalam neraka dengan wajah tersungkur tidak lain disebabkan hasil panen (apa yang mereka peroleh) dari lisan-lisan mereka?”

Faktor keempat, melukai tetangga. Rasulullah SAW bersabda: 

 يا رَسولَ اللهِ! إنَّ فلانةَ تقومُ اللَّيلَ، و تَصومُ النَّهارَ، و تفعلُ، وتصدَّقُ، و تُؤذي جيرانَها بلِسانِها؟ فقال رسولُ اللهِ صلَّى الله عليهِ وسلم: لا خَيرَ فيها، هيَ من أهلِ النَّار، قالوا: وفُلانةُ تصلِّي المكتوبةَ، و تصدَّقُ بأثوارٍ، و لا تُؤذي أحدًا؟ فقال رسولُ اللهِ: هيَ من أهلِ الجنَّةِ

"Wahai Rasulullah, sesungguhnya si Fulanah suka shalat malam, puasa di siang hari, mengerjakan (berbagai kebaikan) dan bersedekah, hanya saja ia suka mengganggu para tetangganya dengan Lisannya. Maka Rasululullah SAW bersabda, "Tiada kebaikan pada wanita ini, dia termasuk penghuni neraka". Mereka bertanya lagi, "Sesungguhnya si Fulanah (yang lain) mengerjakan hanya sholat wajib dan bersedekah dengan sepotong keju, namun lisannya tidak pernah mengganggu seorangpun?”. Rasulullah pun bersabda, “Dia termasuk penghuni surga.” (HR Bukhori, Shahih al-Adab al-Mufrad, 88)

Sedangkan faktor kelima, atau terakhir yang membuat orang masuk neraka adalah berbohong. Perbuatan ini merupaan salah satu yang paling dibenci Allah SWT. Karena, berbohong bisa mendorong manusia ke perilaku buruk lainnya, dan kebohongan yang terus-menerus merupakan ciri orang-orang munafik, dan itu akan mengakibatkan siksaan hebat di hari pembalasan kelak. 

 

 

Sumber: mawdoo3

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement