Kamis 15 Apr 2021 06:40 WIB

Mengungkap Fungsi Diturunkannya Alquran

Alquran sengaja dipelihara keasliannya dari berbagai perubahan hingga hari akhir.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Ani Nursalikah
Mengungkap Fungsi Diturunkannya Alquran
Foto:

“Tuhan menyuruh kita memperhatikan alam raya supaya kita sampai pada tujuan menyadari kekuasaan dan keberadaan-Nya, dan supaya kita memahami alam untuk kita manfaatkan guna kepentingan kita, banyak sekali ayat Alquran yang menerangkan itu,” katanya dalam ceramah virtual yang telah diunggah di saluran resmi Quraish Shihab. 

Kedua, dalam Alquran, Allah SWT memerintahkan manusia bersosialisasi dengan manusia lainnya, dan mempelajari seluk-beluk tentang manusia. Tujuannya menyadarkan manusia adalah makhluk lemah yang memerlukan ‘pegangan’, dan mengingatkan agar menghindari sifat sombong.

Allah SWT juga menyantumkan kisah-kisah dan sejarah suatu masyarakat maupun perorangan dalam Alquran, dengan tujuan agar manusia bisa membacanya dan mengambil pelajaran darinya. Melalui kisah ini, Allah juga menyadarkan kita tentang Keesaan dan Kekuasaan-Nya.

Terakhir, melalui Alquran, Allah SWT juga menerangkan janji dan ancaman yang akan didapatkan manusia, berdasarkan amal yang mereka kerjakan. Janji dan ancaman ini adalah yang paling banyak dan mudah dipahami manusia, alih-alih terlalu sulit untuk menafsirkan Keesaan-Nya melalui alam raya atau kisah nabi terdahulu. 

“Maka dalam Alquran disajikan janji dan ancaman, untuk menyadarkan manusia atas Keberadaan dan Kekuasaan Tuhan mereka,” ujar pendiri Pusat Studi Al-Quran (PSQ) itu dalam video yang telah ditonton oleh lebih dari 13 ribu orang itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement