Jumat 02 Apr 2021 06:25 WIB

Apakah Kepemimpinan Berarti Pria Lebih Unggul dari Wanita?

Allah memberi hak kepada pria untuk menjadi pemimpin.

Apakah Kepemimpinan Berarti Pria Lebih Unggul dari Wanita?
Foto:

Mari kita pertimbangkan dulu makna kepemimpinan yang di maksudkan dan implikasinya pada wanita. Majdah Amir dalam Buku Pegangan Utama Fiqih Wanita: Segala Hal yang Ingin Anda Ketahui tentang Perempuan dalam Hukum Islam mengatakan makna yang dimaksud adalah dalam tanggung jawab, bukan preferensi terhadap satu gender atas gender yang lain.

Pria dipilih sebagai pemimpin karena, di satu sisi, mereka mampu menilai tanpa pengaruh emosi dan di sisi lain, mereka berkewajiban menanggung beban hidup/nafkah. Istilah qawwam dalam bahasa Arab mengandung arti usaha yang gigih di pihak pria untuk mengambil segala tindakan yang diperlukan demi kesejahteraan wanita dan untuk menjaga standar kehidupan yang bisa diterima oleh para wanita yang berada di bawah tanggung jawab mereka.

Perlu dikemukakan bahwa tanggung jawab itu bukan hanya berbentuk uang, melainkan segala sesuatu yang bermanfaat. Jadi, kesabaran, pengetahuan, perilaku yang baik, keberanian, dsb. merupakan bagian dari tanggung jawab tersebut.

Kita juga harus mencatat bahwa perbandingan itu diungkapkan secara sangat akurat dengan kata-kata, "...dan Allah memberikan kelebihan kepada sebagian kamu dari yang lain," yang berarti bahwa pria melebihi kaum wanita dalam hal perlindungan, sedangkan wanita memenuhi kebutuhan pria dalam hal kenyamanan yang mereka berikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement