Senin 22 Mar 2021 04:45 WIB

5 Kegelapan dan 5 Penerangnya Menurut Abu Bakar RA

Abu Bakar menjelaskan tentang jenis kegelapan bagi seorang hamba

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nashih Nashrullah
Abu Bakar menjelaskan tentang jenis kegelapan bagi seorang hamba. Ilustrasi ampunan
Foto:

Kegelapan ketiga, adalah kegelapan kubur akan menjadi terang dengan kalimat laa ilaaha illallah. Rasulullah bersabda: 

“Sesungguhnya Allah mengharamkan neraka dari orang yang mengucapkan llaa ilaaha illallaah seraya mengharap ridha Allah.” (HR Muslim dan Bukhari).

Rasulullah bersabda, “Barang siapa mengucap lla ilaaha illallaah secara ikhlas maka dia akan masuk surga.” Mereka bertanya, “Ya Rasulullah, apakah itu ikhlas?” Nabi menjawab, “Yaitu kalimat ‘laa ilaaha illallaah’ itu menghalangimu dari segala yang diharamkan Allah kepadamu.” (HR Hatim).

Makna ikhlas kata Gus Baha dalam hadits tersebut adalah jika sudah berhasil menghambat seseorang dari semua yang diharamkan Allah. Artinya, itu menjadi pengekang dari maksiat.

“Dikatakan ada tujuh hal yang bisa membuat kuburan menjadi terang. Satu, ikhlas dalam beribadah. Dua, berbakti kepada orang tua. Tiga, silaturahim, empat tidak menghabiskan usianya dalam kemaksiatan, lima tidak mengikuti hawa nafsunya, enam sungguh-sungguh dalam ketaatan, dan tujuh perbanyak dzikir kepada Allah,” jelas dia.

Kemudian, kegelapan keempat, yang dikatakan   Abu Bakar adalah alam akhirat. Untuk meneranginya, bisa digunakan dengan amal saleh. Sebagaimana Rasulullah bersabda, “Laksanakanlah hal-hal yang wajib dan terimalah kemurahan Allah dan tinggalkanlah manusia. Sungguh, kamu telah dicukupkan dari manusia.”  (HR Khatib).

Terakhir, kegelapan kelima, adalah siratal mustaqim dan yang bisa membuatnya terang adalah yakin.

“Yakin adalah tahqiq dalam membenarkan. Maksudnya kamu mempunyai otoritas pemikiran yang akurat untuk membenarkan hal yang ghaib. ini yang jadi ibadah sampai bertemu Allah. Yakin adalah akurat dalam membenarkan hal gaib. Caranya dengan menghilangkan segala keraguan,” kata dia. 

 

Sumber: youtube  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement